Melayani jasa service laptop dan instal panggilan surabaya. Blog ini juga berisi seputar informasi tentang komputer.

Cara Mudah Membongkar Laptop

Cara Mudah Membongkar Laptop



Setelah kita mengetahui bahwa laptop merupakan perangkat komputer yang dipadatkan, tentu saja kesulitan pertama yang harus dihadapi ketika ingin melakukan perbaikan adalah tentang proses pembongkaran. Cara paling mudah bisa dengan panggil tukang service. Tapi bagi anda yang ingin mencoba repair sendiri tidak perlu takut untuk mencobanya, karena pada postingan kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang cara membongkar laptop secara mudah. Langsung saja kita ikuti penjelasan berikut ini ya!

Sebagai contoh, kali ini saya mencoba membongkar laptop merek HP dengan type 540. Dan target untuk dilepaskan adalah bagian motherboardnya. Karena mobo merupakan bagian yang terletak paling dalam. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah lepaskan dulu peripheral hardisk, wireless card, RAM dan DVD room dengan cara melepas baut sekrup penguncinya. Setelah itu lepaskan pula baut utama yang terletak pada masing-masing sudut bagian bawah.


  1. Lalu lepaskan papan keyboard beserta kabel koneksinya.
  2. Selanjutnya pisahkan bagian LCD dengan bagian bawah dengan cara memutar keluar sekrup yang ada di bagian engsel sebelah kiri kanan. Jangan lupa lepaskan pula hubungan  kabel fleksibelnya.
  3. Pada bok utama bagian bawah lepaskan perlahan-lahan semua kabel koneksi dan juga baut penguncinya. Dan hati-hari pada masing-masing sudut terdapat nok pengunci, sehingga tidak boleh terlalu kasar membukanya. 
  4. Setelah semua telepas akhirnya motherboard bisa dikeluarkan dari bok utama dan siap untuk dilakukan perawatan ataupun perbaikan.
Itulah sedikit trik mudah tentang cara membongkar laptop. Mungkin sedikit susah awalnya,tapi akan terbiasa jika sudah sering dipraktekkan. Dan hal tersebut akan bisa membuat kita lebih terampil lagi dalam memperbaiki kerusakan yang terjadi.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Indra Taufiq, Published at 11.53 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar