Melayani jasa service laptop dan instal panggilan surabaya. Blog ini juga berisi seputar informasi tentang komputer.

Cara Mengamankan Flasdisk Dari Virus

Cara Mengamankan Flasdisk Dari Virus



Jika pada artikel sebelumnya telah mengupas seputar cara mengantisipasi virus pada komputer, kali ini indraservicelaptop ingin berbagi tentang cara mengamankan flasdisk dari serangan virus. Mengingat di zaman yang serba modern ini, flashdisk merupakan sebuah media penyimpan data yang cukup praktis dan portable. Tetapi disisi lain juga cukup rawan terjangkit virus. Sebuah flasdisk yang terserang virus berpotensi untuk menularkan penyebaran virus dari satu komputer atau laptop ke komputer yang lain.

Secara garis besar, ada dua cara sebuah virus di dalam flasdisk masuk ke komputer yaitu :
  • Melakukan double klik pada file dengan ekstensi tertentu
  • Melalui program auto Run
Sebuah virus mempunyai kemampuan untuk menggandakan dan menyembunyikan diri dari file lain di dalam folder. Dengan demikian, virus akan langsung aktif ketika kita melakukan double klik pada sebuah file yang sebelumnya dianggap file pribadi kita, padahal itu merupakan virus yang menyamar.

Cara yang kedua ini cukup berbahaya. Karena sebuah virus juga mempunyai kemampuan untuk menulis file autorun.inf di dalam direktori flashdisk. Sehingga virus akan secara otomatis beroperasi ketika flasdisk dicolokkan pada port USB dan langsung diekskusi oleh sistem operasi windows.

Dari dua keterangan diatas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengamankan flashdisk dari serangan virus, yaitu :
  1.  Memasang antivirus yang senantiasa terupdate. Untuk keamanan flashdisk, anda bisa menggunakan SMADAV. Walaupun free, tapi cukup ampuh juga sebagai pelindung pertama media penyimpan eksternal.
  2. Membuat sebuah folder autorun.inf pada hardisk.
Hal ini cukup mudah dilakukan, Karena sistem operasi windows tidak memperbolehkan sebuah file/ folder yang tersimpan dengan nama yang sama. Maka dari itu, jika file autorun.inf sudah terbuat, maka virus akan sedikit mengalami kesulitan untuk menyebar.

 Cara ini merupakan tindak lanjut dari langkah pertama. Karena virus yang canggih, mempunyai kemampuan untuk menghapus sebuah file maupun folder. Tidak terkecuali folder autorun.inf yang telah kita buat. Untuk melakukan trik ini, langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Buka CMD dengan cara Start -> Run -> cmd
  • Masuklah ke direktori flashdisk anda. Misalnya drive G. Mka masukkan perintah G: lalu ENTER.
  • Masuk ke direktori folder autorun.inf  dengan perintah cd autorun.inf
  • Lalu ketikkan perintah supaya folder tidak bisa dihapus virus md aux\. Seperti pada gambar berikut : 

Dengan dibuatnya sebuah perintah agar virus tidak bisa lagi menghapus folder autorun.inf pada langkah kedua diatas, virus akan sangat kesulitan untuk melakukan aksinya. 

Demikian penjelasan singkat tentang cara mengamakan flashdisk dari virus. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk senantiasa menjaga komputer dan flashdisk kita agar tetap sehat.Tolong pencet tombol Google plus dibawah ini apabila agan merasa artikel saya bermanfaat. Suwun,,,



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Indra Taufiq, Published at 15.27 and have 3 komentar

3 komentar:

  1. thanks a lot for the info,, very useful and add insight ... http://goo.gl/vg9SKo

    BalasHapus
  2. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone :082276603391
    PIN : 5364257d

    BalasHapus