Melayani jasa service laptop dan instal panggilan surabaya. Blog ini juga berisi seputar informasi tentang komputer.

Cara Mengantisipasi Virus Pada Komputer

Cara Mengantisipasi Virus Pada Komputer




Jika pada artikel sebelumnya anda telah membaca coretan saya mengenai cara virus menyerang komputer, kali ini sebagai lanjutannya saya ingin berbagi sedikit info tentang cara mengantisipasi viruspada komputer, cara ini cukup mudah untuk dilakukan yaitu :
  1. Selalu gunakan antivirus terupdate
  2. Mematikan fungsi auto play pada sebuah sistem operasi
  3. Lakukan scanning setiap kali menggunakan media eksternal
  4. Usahakan selalu download software langsung dari situs resminya
  5. Kobinasikan penggunaan antivirus dengan anti spamming
  6. Mewaspadai file yang mencurigakan
  7. Usahakan membeli software asli

Mempunyai antivirus kurang ampuh apabila kita tidak rajin melakukan update. Kok begitu? Ya jelas dong! Karena antivirus tidak akan bisa melakukan tugasnya untuk melindungi komputer kita dari serangan virus jenis terbaru. Apapun jenis antivirus yang anda gunakan, baik itu Free atau yang Pro, hendaknya selalu teratur dalam melakukan update jika telah tersedia jenis yang baru.

Mematikan fungsi auto play sangat bermanfaat ketika kita menggunakan media penyimpan eksternal seperti dvd, flasdisk. Hal ini bisa mencegah jika media tertentu yang akan digunakan terinfeksi serangan virus. Biasanya sistem operasi akan memberikan informasi terlebih dahulu sebelum dibuka atau dijalankan. Sehingga bisa meminimalisir masuknya virus.

Dengan melakukan scan ketika akan menggunakan media penyimpan eksternal, maka ada tidaknya virus didalamnya bisa terdeteksi. Dalam hal ini antivirus akan bekerja untuk melakukan tugasnya.
Melakukan download untuk mengambil data, lagu dan video hendaknya langsung mengambil dari situs penyedianya. Bukannya tidak boleh mengambil dari situs yang mereferensikan, tetapi cara ini merupakan para pencegahan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam kasus ini mengenai virus.
Menggabungkan fungsi antivirus dengan antispamming akan lebih optimal bagi mereka yang sering berselancar di dunia maya. Pernahkan anda ketika membuka sebuah blog menjumpai sebuah iklan yang selalu muncul menumpuki blog tujuan kita. Dikhawatirkan itu merupakan sebuah virus yang yang dibuat dengan sengaja untuk disebarkan.

Selain itu apabila kita membuka sebuah file di dalam hardisk dan menjumpai data dengan ekstensi tertentu, misalnya EXE, ME yang tidak pernah kita simpan sebelumnya, perlu dicurigai bahwa hal tersebut adalah virus. Langsung hapus merupakan cara terbaik. Karena jika dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan efek negative bagi komputer, misalnya komputer menjadi semakin lemot atau bahkan hang total. 


Dengan membeli software asli akan sangat meminimalisir terjangkitnya virus. Karena sebuah vendor pasti menjamin bahwa apa yang ia jual 100 % bebas dari virus. Namun, yang menjadi kendala adalah masalah biaya. Tentu saja harga software asli cukup mahal, terutama bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah. Dalam hal ini, keputusan sepenuhnya ada di tangan anda.

Itulah beberapa cara untuk mengantisipasi virus pada komputer pribadi kita. Sehingga kita tahu apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan kompi.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Indra Taufiq, Published at 06.12 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar