Melayani jasa service laptop dan instal panggilan surabaya. Blog ini juga berisi seputar informasi tentang komputer.

Cara Virus Menyerang Komputer

Cara Virus Menyerang Komputer




Virus merupakan sebuah momok yang perlu diwaspadai agar kesehatan komputer senantiasa terjaga. Untuk menyikapi hal tersebut, langkah awal yang perlu untuk diketahui adalah bagaimana cara virus menyerang komputer kita. Secara garis besar ada empat media yang bisa menghantarkan virus masuk ke sebuah komputer yakni :
  • Flashdisk
Media penyimpan data jenis portable ini cukup perlu untuk diperhatikan kesehatannya. Anda perlu waspada apabila sebuah perangkat komputer digunakan oleh lebih dari satu orang. Karena setiap orang pasti mempunyai file pribadi yang tidak ingin diketahui oleh orang lain, maka dari itu cara termudah untuk menyimpannya menggunakan flashdisk. Flashdisk yang menancap pada sebuah perangkat setidaknya juga pernah digunakan pada perangkat komputer yang lain. Nah… Hal inilah yang bisa menularkan virus antar komputer.
  • Internet
Para pembuat virus, sebagian besar memanfaatkan media internet untuk menyebarkan virus buatan mereka dengan tujuan tertentu. Cara ini diyakini merupakan cara yang paling efektif. Bagaimana tidak! Koneksi internet memungkinkan para user untuk mengakses data dengan jangkauan seluruh dunia. Sehingga jika sebuah situs terpasang virus dan diakses oleh beberapa user saja, lambat laun akan menyebar ke pengakses yang lainnya. 
  • Wifi (Lan, WLAN)
Terobosan baru untuk koneksi internet pada era yang serba modern ini memungkinkan para penggila internet untuk mengakses data tanpa melalui kabel, yakni menggunakan WIFI. Cara ini leih praktis karena untuk terhubung ke jaringan internet, tidak lagi memerlukan kabel telepon. Intinya jika sudak terkoneksi pada sebuah jaringan internet cukup rawan bagi sebuah komputer terserang virus.
  • Bluetooth
Cara ini cukup popular dikalangan masyarakat pengguna handphone. Hal yang mungkin dianggap sepele yaitu ketika mengirim data dari 1 hp ke hp yang lain. Memang cukup mudah melakukannya. Tapi tahukah anda, apabila handphone pengirim telah terinfeksi sebuah virus dan mengirimkan sebuah data pada penerima, bukan tidak mungkin si penerima akan terjangkit virus yang sama juga.
Sebuah komputer biasanya terinstall sistem operasi untuk melakukan aktivitas program sesuai dengan keinginan user. Dari sebuah penelitian, sekitar 95 % sistem operasi yang rawan terserang virus adalah windows. Sisanya Linux dan Macintosh. 

Itulah sekelumit cerita dari saya mengenai cara virus menyerang komputer. Diharapkan cukup menambah wawasan bagi kita semua. Mohon pencet tombol G+ dibawah ini jika anda merasa puas dengan info blog ini. Terima kasih...!!!



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Indra Taufiq, Published at 14.17 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar