Melayani jasa service laptop dan instal panggilan surabaya. Blog ini juga berisi seputar informasi tentang komputer.

Fungsi Utama Processor

Fungsi Utama Processor



Sebelum kita berbicara tentang fungsi utama processor, tidak ada salahnya jika sebagai awal topik, kita akan membahas tentang apa sih processor itu? Processor merupakan sebuah alat (peripheral) yang dikemas dalam sebuah chip IC yang nantinya diletakkan pada sebuah socket motherboard.

Sedangkan fungsi utama sebuah processor yaitu sebagi pusat pengendali dari semua aktivitas perangkat komputer maupun laptop. Dimana perintah berasal dari user melalui peripheral lain seperti mouse, keyboard dll. Semua hal itu diproses didalam chip processor dengan menggunakan bahasa mesin. Dimana bahasa mesin itu terdiri dari kode biner. Yaitu sebuah kode yang terdiri dari dua angka ( 0 dan 1). Kode “1” menandakan adanya sinyal, sedangkan kode “o” berarti tidak ada sinyal.
Memang orang awam secara umum menyebutkan bahwa processor merupakan otak dari sebuah komputer. Jika disesuaikan dengan penjelasan diatas, memang benar dan masuk akal. Bagaimana tidak, semua proses program yang berjalan melakukan antrian di dalam sebuah chips satu ini. Maka dari itu, bisa dikatakan bahwa perngakat komputer yang mempunyai tugas paling berat yaitu processor. Oleh karena kerjanya yang sangat berat, maka pada sebuah processor dipasang sebuah pendingin dan kipas. Agar tidak cepat rusak. Kita tahu bukan, bahwa musuh utama perangkat elektronik adalah panas.
Satuan kecepatan dalam processor pada awalnya dinyatakan dalam Megahertz (MHz). Namun, siring dengan perkembangan teknologi yang menganggap pentingnya sebuah komputer, maka dikembangkanlah sebuah processor yang lebih canggih lagi yang kecepatannya dinyatakan dalam Gigahertz (GHz). Semakin besar nilai dari GHz tersebut, maka semakin cepat pula kemampuan untuk memproses data sebuah laptop.
Jenis processor ada bermacam-macam, antara lain INTEL, AMD, ARM dan masih banyak lagi. Namun duo raksasa produsen yaitu intel dan AMD merupakan rivalitas yang selalu bersaing dalam meningkatkan kinerja hasil produksinya tersebut. Namun, setiap jenis processor mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.
  • Secara garis besar, sebuah chips processor mempunyai 3 bagian, yaitu :
  1. ALU => Arithmatic and Logic Unit. Yaitu berfungsi untuk melakukan perhitungan mathematic sesuai dengan instruksi yang diberikan user.
  2. CU => Control Unit. Sebagi pengontrol lalu-lintas input dan output.
  3. MU => Memory Unit. Sebagi penyimpan sementara dari sebuah proses antrian program yang mempunyai kecepatan akses sangat tinggi.
Jika dahulu kala sebuah processor diciptakan hanya untuk perhitungan sederhana, misalnya untuk kalkulator, namun seiring dengan tingginya tuntutan masyarakat dalam melakukan aktifitasnya dikembangkanlah sebuah processor yang bisa melakukan berbagai macam program. Bahkan bisa dilakukan secara bersamaan. Itulah sebuah teknologi.
Demikian sedikit penjabaran tentang fungsi utama processor. Demi meningkatkan kwalitas artikel ini, mohon berikan komentar jika ada beberapa informasi yang kurang benar. Oiya gan, mumpung inget,  apabila anda merasa postingan dari saya memberi manfaat, tolong pencet tombol google plus ya!!!



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Indra Taufiq, Published at 17.22 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar