Melayani jasa service laptop dan instal panggilan surabaya. Blog ini juga berisi seputar informasi tentang komputer.

Cara Mengganti Trafo Flyback Monitor

Cara Mengganti Trafo Flyback Monitor



Berikut ini adalah cara untuk mengganti trafo flyback. Namun ada beberapa hal yang perlu untuk dilakukan sebelum mengganti komponen tersebut, mengingat harganya yang lumayan mahal. Tentu saja kita tidak mau setelah mengganti, ternyata masalah tidak kunjung usai atau sumber masalah bukan berasal dari situ. Sehingga tambah pusiing ni kepala!

Pastikan bahwa komponen tersebut benar-benar rusak, caranya yaitu dengan mengukur tegangan B+. Ciri utama trafo flyback yang rusak yaitu tegangan B+ yang selalu drop disertai dengan kerusakan transistor horizontal output. Setiap kali kita ganti transistor tersebut, maka aka jebol lagi. Cara aman untuk ceknya yaitu coba lepas TR horizontal dan lepas jalur B+. Jika tegangan 115 V keluar dengan normal bisa dipastikan trafo fbt jebol.  Bisa juga dengan menambah lampu bhlam sebesar 100 w yang dipasang secara seri dari colektor tr hot ke PCB. Dengan cara ini, jika terjadi beban berlebih, maka nyala lampu akan sangat terang. Yang menunjukkan adanya beban berlebih, sehingga menimbulkan panas pada hot transistor horizontal.

Jika sudah yakin bahwa trafo ini rusak,maka tahap selanjutnya yaitu tentang cara mengganti trafo flyback tersebut. Langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Lepaskan semua hubungan PCB dari layar monitor crt seperti cop anoda, fokus, screen, bagian video, socket power listrik. 
  • Lepaskan solderan pada bagian kutub flyback. Lakukan dengan hati-hati, karena pada umumnya solderan yang melekat sangat kuat, sehingga  membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses pencairan timah.
  • Gunakan penyedot timah untuk melepas solderan. 
  • Lalu tahap terakhir yaitu memisahkan bagia trafo dengan PCB.
Hal yang perlu diperhatikan dalam penggantian flyback yaitu penggantian komponen harus dengan tipe yang sama. Karena setiap tipe FBT mempunyai tegangan output yang berbeda. Dan jika tidak ditemukan tipe yang sesuai, maka bisa ditempuh dengan mencari persamaan trafo tersebut. Anda bisa menanyaknnya ke toko elektronik. Mereka biasanya mempunyai data komponen persamaan.

Itulah sedikit ulasan tentang cara mengganti trafo flybackmonitor. Trima kasih telah berkenan mengunjungi blog ini.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Indra Taufiq, Published at 09.38 and have 6 komentar

6 komentar: