Melayani jasa service laptop dan instal panggilan surabaya. Blog ini juga berisi seputar informasi tentang komputer.

Penyebab Monitor CRT Goyang Goyang

Penyebab Monitor CRT Goyang Goyang



Untuk mengisi waktu libur daripada bengong, mending saya posting aja deh! Kali ini tema yang akan dibicarakan yakni mengenai penyebab monitor CRT goyang-goyang. Mungkin diantara sobat semua pernah mengalami hal tersebut. Namun untuk mengatasi problem itu, anda tidak perlu kuwatir. Yuk kita simak penjelasanya!
Penyebab utama dari monitor yang tampilannya bergoyang-goyang yaitu :
  1. Longgarnya solderan antara kaki komponen ke PCB
  2. Ada beberapa komponen yang memang rusak.
Dari pengalaman pasien monitor yang saya service penyebab yang sering terjadi yaitu solderan yang retak. Untuk mamastikan hal tersebut, anda bisa coba dengan menggebrak layar monitor kemudian lihat reaksinya. Jika gambar jadi bergetar-getar normal dan balik lagi ke kondisi semula. Bisa dipastikan Solderan pada komponen mulai retak alias longgar. Hal ini sangat masuk akal karena pemakaian yang dilakukan dalam waktu yang lama. Biasanya kerusakan ini jarang terjadi pada monitor baru.

Nah… Untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan dengan trik solder ulang bagian yang longgar. Gunakan tinner A spesial lalu oleskan pada semua kaki komponen. Maka akan kelihatan titik solder yang retak. Baru anda lakukan solder ulang. Menggunakan tinner A spesial karena jenis ini cepat kering.

Sedangkan untuk komponen yang akan rusak, juga bisa mempunyai ciri goyang-goyang pada monitor. Biasanya komponen yang sering bermasalah yaitu kapasitor elektrolir. Ciri utama secara fisik dapat dilihat dari tampilan yang mengelembung. Lakukan penggantian dengan tipe yang sama.

Mudah sekali toh, untuk mengetahui dan mengatasi penyebab monitor crt goyang-goyang. Semoga postingan kali ini bisa menjadi solusi bagi permasalahan yang anda alami. Trima kasih telah berkunjung di blog indreservicelaptop.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Indra Taufiq, Published at 15.39 and have 1 komentar

1 komentar: