Melayani jasa service laptop dan instal panggilan surabaya. Blog ini juga berisi seputar informasi tentang komputer.

Pengalaman Instal Windows 8 Di Laptop HP Pavilion DV42116TX

Pengalaman Instal Windows 8 Di Laptop HP Pavilion DV42116TX



Halo sobat semuanya, kali ini saya ingin bagi pengalaman  mengenai install windows 8 pada laptop hp dengan type pavilion DV42116TX. Dengan kerusakan tampilan layar menjadi blank setelah proses startup.

pengalaman-masalah-startup-setelah-instal-windows8
Awalnya si pemilik laptop ingin mengupgrade tampilan OS nya dari windows 7 ke windows 8, dengan alasan sudah jenuh tentang tampilan pada windows 7. Maka dari itu dia memanggil ane untuk mengerjakan install ulang tersebut. 

Setelah semua perlengkapan sudah siap, maka ane mulai proses install windows 8. Dengan langkah awal masuk bios dan setting priority booting dari dvd room. Kemudian seperti biasanya masuk menu install. Dan prosespun berjalan ke pemilihan type windows 8. Kali ini dia meminta untuk memilih windows 8 enerprise sesuai dengan yang dipakai oleh kebanyakan orang. Nah pada langkah ini dia minta install tipe 32 bit. Padahal pada laptop menggunakan 64 bit. Lalu saya tanya kenapa? Katanya biar lebih enteng. Kemudian saya beri tahu “nanti ada masalah lho kalau nggak sesuai”. Dia bilang “nggak apa-apa mas”. 

Oke kalau begitu mintanya, ane layanin aja. Lalu prosespun pun berlanjut hingga selesai. Dan akhirnya tiba saat install driver. Dai hasil pengecekan di device manager, ada 3 driver yang belm terpasang dengan ditandai tanda seru berwarna kuning. Akhirnya ane pake driverpack solution 14 untuk proses tersebut.  Ehhh… ternyata ntuk driver VGA ati radeon masih belum tersedia pada driverpack ane. Jadi, mau nggak mau harus download ni. 

Setelah download VGA driver selesai langsung diinstal dan ane cek device manager. Tanda serunya udah hilang yang menandakan bahwa sudah komplit untuk drivernya. Setelah itu saya coba restart tu laptop. Dan dari sini muncul permasalahan baru, yakni setelah awal booting layar menjadi blank tanpa tampilan. Ane coba tunggu beberapa saat. Akhirnya karena nggak sabar, maka ane putuskan menekan paksa tombol power 2 kali. Dari sini muncul kebingungan pada saya. Kok jadi seperti mode slip, layar tampilan windows 8 langsung muncul dengan normal. Anehhh banget za!!!!

Setelah ane pikir, mungkin penyebabnya karena tipe bit yang dipilih tidak sesuai. Makanya ane putuskan untuk melakukan install ulang lagi dari awal. Setelah memilih tipe 64 bit, ane install driver. Dan coba restart. Dan semua berjalan dengan lancer, tidak seperti ketika memilih tipe 32 bit tadi.
Akhirnya saya berkesimpulan jika jenis laptop 64 bit diinstal tipe 32 bit maka hasilnya tampilan VGA menjadi tidak kuat, sehingga dia otomatis masuk ke mode sleep ketika booting.

Ini merupakan pengalaman baru bagi saya setelah sekian kali diminta untuk melakukan install ulang windows.

Sekian postingan yang bisa ane ceritakan, semoga bisa menjadikan tambahan info bagi sobat bloger semua. Mohon sharenya agar semua bisa membaca artikel ini.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Indra Taufiq, Published at 18.55 and have 8 komentar

8 komentar:

  1. Laptop saya hp pavilion 14- v041TX, awalnya dos, setelah diinstall win 8 pro 64 bit, masih sering blank juga setelah start up. Kenapa ya?

    BalasHapus
  2. Coba update drivernya Gan. Terutama VGA

    BalasHapus
  3. mo Tanya...gmn cars nginstal window 8, laptop at HP pavilion v202tx...maklum newbie...thx

    BalasHapus
  4. windows8,,,HP pavillion g4. mau install netframe 3 dan 3.5,,,kok nggak bisa yaa? kenapaa? triiims
    yanto

    BalasHapus
  5. Agan Doddy : Banyak banget di google gan tutorialnya. Yang jelas anda harus punya DVD / FD installernya dulu.

    BalasHapus
  6. Agan Isyan : Windows 8 memang agak sensi Gan. Jadi kalau mau instal aplikasi jangan langsung klik dua kali pada file installernya, tapi klik kanan lalu "run as administrator". Semoga membantu.

    BalasHapus
  7. untuk masalah vga gimana ya supaya yg ati radeonnya terdetek padahal sudah terinstal drivernya tapi yg terdetek malah intel

    BalasHapus
  8. Iqbal Maulana // Jika sudah yakin driver benar-benar sudah terinstal, namun VGA utama belum terdeteksi. Berarti kerusakan ada di hardware. Terutama chip VGA. Baik itu ATI atau Nvidia.

    BalasHapus