Melayani jasa service laptop dan instal panggilan surabaya. Blog ini juga berisi seputar informasi tentang komputer.

Cara Mengatasi TV Sharp Wonder Protek

Cara Mengatasi TV Sharp Wonder Protek

cara-mengatasi-tv-sharp-wonder-protek

Haloo temen-temen... Lama nggak update blog ni! Sok sibuk kayak e!!! Kali ini saya ingin berbagi cerita menganai cara mengatasi tv sharp wonder protek. Dimana kita tahu bahwa kalau tv dengan merk sharp itu merupakan salah satu momok bagi sebagian teknisi.


Mengapa demikian? Karena blok dari tv sharp ini dilengkapi dengan banyak sekali sistem protek. Sehingga jika ada masalah pada salah satu bagian, maka sistem dari ic program akan mengalihkan fungsi dari mode on ke posisi standby.

Kasus protek ini bisa ditandai dengan nyala lampu power merah kemudian hijau dan kembali ke posisi merah lagi. Nyala lampu hijau berarti sistem sudah siap untuk mengalirkan tegangan untuk semua bagian, namun dikarenakan mendeteksi error pada satu atau beberapa titik, maka program dari ic mengaktifkan pin protek yang akhirnya gagal start dengan ditandai lampu led kembali merah.

Oke berikut merupakan titik protek pada tv sharp :
1. Protek utama = jumper 223
2. X ray
3. Video (180 v)
4. Sound
5. Vertikal

Pada kasus tv punya pak Moko ini saya lepas satu persatu sebuah dioda zener di sekitar ragkaian diatas. Lepas atau jombat satu titik dioda zener lalu nyalakan sebentar. Jangan lama-lama ya! Setelah dicoba satu persatu ternyata biang kerok ada di jalur vertikal. Dan setelah ditelusuri ada sebuah R dengan nilai 1 Kohm yang putus. Tahanan ini menyuply tegangan 12 v dari FBT ke vertikal input. Makanya jadi protek.

Setelah coba ganti R yang putus coba saya nyalakan dan hasilnya "mak crakkk!!!!" protek lagi. Wawww,,, kacau nih. IC vertikal keluk-keluk alias kebul-kebul. Lalu coba ganti dengan yang baru. Dan coba lagi nyalakan. Dan hasilnya sama saja. IC vertikal jebol lagi. Pusing juga ni kepala!!!

Akhirnya setelah beberapa hari beripkir, ane punya inisiatif untuk mencoba menggunakan ic vertikal asli dari sebuah tv yang udah mangkrak di gudang. Dan berharap kondisi ic vertikal tersebut normal.

Saatnya mencoba...!!! Mak crakkkk!!!! Tv nyala dengan sempurna. Kok bisa ya!!! Saya coba nyalakan beberapa jam dan tidak ada masalah.

Akhirnya dari kejadian tersebut saya mengambil kesimpulan bahwa ic vertikal dengan type TDA8357J yang beredar di pasaran bukanlah ori. Jadi harus menggunakan part ori langsung dari dealer sharp nya.

Demikian pengalaman pribadi saya tentang cara mengatasi tv sharp wonder yang protek. Walaupun bikin pusing, namun ini menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi saya untuk kedepannya.

Trima kasih bagi temen-temen yang telah menyempatkan diri untuk membaca tulisan saya ini. Semoga bermanfaat.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Indra Taufiq, Published at 20.57 and have 6 komentar

6 komentar:

  1. Terima kasih atas kunjungannya Om Rawing Ghozali. Semoga membantu semua yang membacanya.

    BalasHapus
  2. Sama"mas bro kalo boleh tau tgglnya dimana...

    BalasHapus
  3. R 1k itu di R nomer berapa om ?

    BalasHapus
  4. Tv punya saya sharp wonder lama,tp ada menunya,gmn cara cari channel?

    BalasHapus