Melayani jasa service laptop dan instal panggilan surabaya. Blog ini juga berisi seputar informasi tentang komputer.

Polytron Ultra Slim Lampu Power Kedip- Kedip Cepat

Polytron Ultra Slim Lampu Power Kedip- Kedip Cepat

polytro-ultraslim-kedip-kedip
Halo sobat blogger, lama nggak ngisi postingan nih! Daripada nganggur, kali ini saya ingin sedikit berbagi informasi setelah solved memperbaiki tv Polytron ultra slim dengan kerusakan lampu power kedip cepat alias protek. Yang namanya protek sudah pasti tidak mau start.

TV ini milik tetangga saya yaitu Pak Jalal. Kemarin sore dengan capeknya dia mengankat tv dari rumahnya ke tempat saya. Dengan nada cukup lelah dia bilang "mas...TV ku rusak, sampeyan service zo? Lampune tok koyok e. Kedip-kedip terus". Maklumlah namanya orang tua dan masih awam lagi. Akhirnya dengan tlaten tingkat tinggi saya berusaha memberi tahu bahwa itu protek. Bearti ada kerusakan pada komponen Pak. Harus saya cek dulu. "Oke mas" tuturnya cepat kepada saya.

Selesai mandi saya bongkar tv tersebut. Lalu saya amati fisik komponen. Ternyata ada sebuah elko jalur B+ yang njebrot dengan ukuran 33 uF/160 v dan juga sebuah resistor 3 ohm 5 w yang gosong pcbnya. R tersebut ternyata masih sehat.

Karena nggak punya stock elco lalu saya meluncur ke toko elektronik untuk membelinya. Setelah dapat langsung saya pasang. Cek-ricek komponen yang lain terutama transistor horizontal ternyata masih selamat. Lalu saya coba nyalakan. Ehh... lampu power tetep kedip-kedip cepat. Apanya lagi ya!

Sambil berfikir lalu coba cek transistor driver horizontal, dan sehat juga. Coba dinyalakan dengan bebab dop 100 w untuk dibebankan ke jalur B+ tegangan B+ dan setrum lain pada output trafo ac matic keluar normal. Berarti ada error di jalur horizontal nih! Penelusuran tegangan terfokus ke tegangan yang mentrigger basis TR horizontal harusnya keluar sekitar tegangan 1 V AC. Ternyata nggak muncul. Cek tahanan juga normal. Lha dalah!!! ternyata ini biang keroknya. Jalur 1 v ac tersebut putus. Padahal  pcb nya kelihatan normal. Coba jumper dan coba test nyalakan.

Bismillahirrohmanirrokhim.... Clep... hasilnya tetep sama. Namun ketika diberi beban dop tegangan B+ udah udah nggak drop lagi. Berarti jalur driver horizontal udah beres. Sekarang perburuan tegangan tertuju pada trafo flyback dan outputnya. Coba lepas jalur vertikal, video dan heater bergantian. Dan hasilnya nihil. Masih tetap sama.Berarti kemungkinan terbesar sumber masalah ada di trafo FBT. Karena nggak punya stock, besok harus pergi ke pasar genteng untuk part tersebut.

Setelah dapat lalu coba pasang dan lakukan testing. "Mak crakkkk"... Bunyi tegangan flyback udah aktif. Kok masih nggak ada gambar. Eh iya ternyata setting focus dan screen masih mini. Coba set dan muncullah gambar yang ditunggu-tunggu. Cek ulang B+ stabil 113 V, video 179 v dan heater 4,3 v.

Coba sekitar satu jam dinyalakan dan hasilnya tegangan tersebut masih stabil. Lalu tutup cashing dan baut semua ujungnya. Alhamdulillah....!!! Gajian juga akhirnya!!!

Sekian sedikit cerita dari saya tentang cara memperbaiki tv polytron ultra slim dengan kerusakan lampu power kedip cepat. Semoga info ini bisa membantu temen-temen teknisi yang memiliki permasalahan yang sama.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Indra Taufiq, Published at 16.18 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar