Melayani jasa service laptop dan instal panggilan surabaya. Blog ini juga berisi seputar informasi tentang komputer.

Compaq Presario CQ40 Sering Hang Bahkan Mati

Compaq Presario CQ40 Sering Hang Bahkan Mati

Haloo temen-temen...!!! Pada sesi kali ini saya ingin menuliskan pengalaman pribadi mengenai penanganan kasus laptop compaq presario cq40 dengan kasus sering hang bahkan mati sendiri.

Kemarin ada seorang pelanggan yang datang kerumah dan minta bantuan untuk memperbaiki kerusakan laptop pribadinya. Saya bilang aja untuk kerusakan ini 2 hari lagi baru selesai, karena ada part yang perlu diganti.

Sebenarnya analisa saya tertuju langsung pada fan. Yang memang perlu diganti. Setelah dibongkar, dalemannya "Masya Allah" penuh dengan debu. Coba bersihkan dan coba putar sebentar ternyata putaran masih cukup berat. Sehingga kalau dipaksa untuk terus dipakai, maka hasilnya saya yakin pasti kurang maksimal. Maka dari itu saya bilang ke user, kalau fan memang perlu untuk duganti.

Setelah mbeli kipas dengan type yang sama persis, langsung pasang. Tidak lupa saya ganti sekalian thermal pasta pada processor yang memang sudah sangat kering. Setelah semua socket terpasang langsung lakukan testing tanpa hardisk. Dan hasilnya saat nyala pertama, kipas berputar dengan cepat dan lancar.

Karena dirasa udah unormal, saatnya terting dengan hardisk lalu running windows. Hasilnyapun lancar. Coba buat main PES ternyata nggak mati lagi. Alhamdulillah selesai juga.

Dari hal tersebut, bisa ditarik kesimpulan jika sistem pendinginan sebuah laptop bermasalah maka bisa mengakibatkan mati total. Karena processor memiliki sebuah sensor untuk mematikan sistem jika suhu di sekitar sensornya melebihi batas dari yang telah ditentukan.

Demikian sobat, sekelumit cerita dari saya mengenai kerusakan laptop compaq presario cq40 dengan kasus sering mati sendiri dan hang.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Indra Taufiq, Published at 07.25 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar