Melayani jasa service laptop dan instal panggilan surabaya. Blog ini juga berisi seputar informasi tentang komputer.

Cara Mengatasi Windows Cannot Be Installed On Drive 0 Partition 2

Cara Mengatasi Windows Cannot Be Installed On Drive 0 Partition 2

cara mengatasi windows cannot be installed on drive1

cara mengatasi windows cannot be installed on drive2
Hallo temen-temen! Selamat datang di blog indraservicelaptop. Postingan kali ini saya buat dikarenakan ada beberapa kasus yang sering dialami ketika melakukan instal ulang windows pada laptop maupun komputer. Dari awal kelihatannya berjalan dengan lancar, namun ketika masuk ke bagian pemilihan partisi untuk penempatan windows, muncul peringatan "windows cannot be installed on drive 0 partition 2. Atau kalau bisa juga muncul peringatan seperti ini "windows cannot be installed to this disk". The selected disk is of the GPT partition style".

Hal ini akan ditandai dengan tombol next yang tidak menyala. Sehingga kita tidak bisa melakukan proses instalasi windows selanjutnya.

Apa gerangan yang menyebabkan muncul beberapa peringatan windows can't be installed tersebut? Tidak lain adalah format partisi yang diperlukan untuk penempatan file windows tidak sesuai dengan standard. Nah... Solusi untuk memperbaiki hal tersebut yakni dengan menghapus sisa partisi yang tidak cocok.

Berikut adalah langkah yang dilakukan untuk mengatasi problem windows cannot be installed yaitu :

Catatan : Sebelum melakukan langkah ini, harap backup dulu semua data di hardisk, karena semua partisi dan data akan terformat total layaknya hardisk baru.

1. Silahkan masukkan dvd/ flasdisk installer
2. Setting booting ke FD atau dvd
3. Setelah masuk tampilan instal windows tekan tombol Shift + F10

cara mengatasi windows cannot be installed on drive1

4. Akan muncul tampilan command prompt

cara mengatasi windows cannot be installed on drive1

5. Ketik "diskpart" (tanpa tanda petik ya!)
5. Masukkan "select disk 0" atau "select disk 1"
6. Tulis "clean"
7. Terakhit tutup tampiln command prompt tersebut
8. Lakukan instalasi seperti biasa

Sekarang ketika memilih partisi untuk windows, tombol NEXT udah nyala kan!

Mudah sekali bukan cara untuk mengatasi windows cannot be installed on disk 0 partition 2. Moga bermanfaat postingan ini.





share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Indra Taufiq, Published at 20.47 and have 149 komentar

149 komentar:

  1. Thanks berat mas bro.....
    Blognya sangat-sangat membantu & bermanfaat. Semiga sukses selalu. Amin.

    BalasHapus
  2. bagai mana backup data nya kalau saat instal partisi c sudah terformat,

    BalasHapus
    Balasan
    1. File system saya berubah jadi boot dan huruf partisinya juga x gmnaaa buat windows 8

      Hapus
  3. Untuk agan Teknologi Komputer : Hendaknya data dibackup dulu sebelum melakukan instal dan format pada partisi windows.Bisa menggunakan tool Hirenboot CD atau DLC boot cd. Namun, apabila data sudah terlanjur terformat, makan bisa menggunakan salah satu software yang biasa saya gunakan yaitu EaseUS partition and data recovery.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bang link download nya di mana ya adanya ? Saya bingung ketar ketir data saya hilang semua kerjaan masalahnya haduuh gmn yah

      Hapus
  4. Maaf agan indra, cara menggunakan easeus nya gmana ? Sementara laptp sudah tidak bisa masuk sistem karna drive c terlanjur di delete, trimakasih

    BalasHapus
  5. Untuk agan Yogga // apabila windows sudah tidak bisa di akses, bisa menggunakan aplikasi pembantu, seperti Hirenboot CD atau DLC boot CD. Didalamnya terdaapat banyak tool-tool. Salah satu senjata ane buat backup data yaitu mini windows XP atau mini windows 7.

    BalasHapus
  6. Gan kalo partisinya ada 2 (misalkan C dan D), trus saya mau instal di C, pake cara di atas dan sukses, data di partisi satunya (D) hilang jg g?

    BalasHapus
  7. Asslamualaikum leh sy mta tlg ke ? sy ada mslh window sy ne.. xleh msuk win.. pktn next pn xde klur.. leh bg pnjlsn ke ?

    BalasHapus
  8. Sy da tlnjur formt.. win kt laptop ksong.. please help me.

    BalasHapus
  9. kenapa data hilang semua. kenapa tidak dijelaskan kalau data hilang semua, bangsat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yee gak baca sampe kelar sihh

      Hapus
    2. Hahaha....bacanya bolak balik gan.. Sampai khatam biar tau

      Hapus
    3. Budidayakan bertanya jika awam, ambil referensi ga dari 1 pokok bahasan, jangan so tau, dan malah bicara kasar pas kena salahnya :D ga malu apa.

      Hapus
  10. Gan, kalau pas disknya di clean, itu yang keformat local disk d nya juga atau hanya local disk C

    BalasHapus
  11. Thanks guy. Itu kembali ke aet pabrik HDD nya ya Gan ?

    BalasHapus
  12. Muhammad Yusri // Data dan semua partisi akan hilang gan! Jadi harap di backup dulu semuanya. Partisinya akan jadi seperti hardisk baru.

    Laspersky_86 // Wa'alaikum salam... Waduh... Agan nggak baca postingan sampai kelar ya!!! Tapi kalau sudah terlanjur dan kita bener-bener perlu datanya. Silahkan gunakan aplikasi recovery. Namun agan membutuhkan laptop atau komputer lain. Lepas hardisknya. Aplikasi yang biasa ane gunakan adalah EaseUs Partition Recovery.

    Muhammad Syahril : Mohon maaf gan! Mungkin agan belum baca artikel sampai kelar. Padahal sudah ane jelasin secara detil disitu.

    Muhammad Alfian Dzikri // Semua partisi akan hilang Om! Jadi harap data di backup dulu!

    Bambang Dwi // Betul sekali gan! Semua akan kembali seperti kita beli hardisk baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan untuk negembalikan ny kn menggunakan EaseUs Partition Recovery.... ini saya lg install, apa kh diteruskn atau langsunh copot hardisk saja

      Hapus
  13. Kalo saya drive c nya baru di format belum di delete, apa drive d nya tetep harus di recovery?
    Atau minimal gmn caranya supaya bisa masuk window sebelumnya? Supaya data d nya terselamatkan
    Mohon pencerahan

    BalasHapus
  14. Catatan : Sebelum melakukan langkah ini, harap backup dulu semua data di hardisk, karena semua partisi dan data akan terformat total layaknya hardisk baru.

    KALO BACA BUDAYAKAN HINGGA SELESAI GOBLOK WKWKWKW

    BalasHapus
  15. simple n gampang di mengerti..

    BalasHapus
  16. Dean arif Lukman // Jika agan ingin melakukan trik diatas, wajib backup semua data. Baik, C, D, atau yg lain. Jika windows sudah tidak bisa diakses karena sudah terformat. Silahkan agan gunakan HIRENBOOT CD, dengan tools mini windows XP di dalamnya.Backup ke FD atau HDD eksternal ya!

    Salamah // Sama-sama.

    Muhammad Sofyan // Trima kasih atas kunjungannya ya gan!

    WaskeyEng // Matur suwun.... Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk semuanya.

    BalasHapus
  17. Kalo untuk format satu partisi aja gimana gan? Biar gak keformat semua.

    BalasHapus
  18. Amir // Biasanya peringatan seperti diatas itu muncul karena jenis partisi yang dipakai sebelumnya berbeda dengan yang sekarang. Misalnya gini! Sebelumnya agan instal windows 8.1, lalu agan berniat downgarde ke win 7. Kedua OS ini memiliki jenis partisi yang berbeda. win 8 itu GPT sedangkan 7 itu MBR.

    BalasHapus
  19. Aduh gw ikut keformat juga ini..
    Gak mau nyalahin siapa siapa..
    Cuma saya mau kasih saran aja mas pembuat artikel ini..
    "Tolong info klo seluruh partisi akan diformat itu ditaruh di paragraf sebelum langkah-langkah reparasinya.. Contohnya di paragraf awal gitu.. Soalnya kan ada orang yg lgi kena masalah kayak gini, langsung searching & langsung ke langkah-langkah reparasinya.. Gk dibaca sampai trakhir dulu" terima kasih.. Mohon segera perbaiki ya mas :)

    BalasHapus
  20. Untung aja di hardisk ayah saya masih ada data saya jadi ya beruntung setengah mati deh

    BalasHapus
  21. Untung aja di hardisk ayah saya masih ada data saya jadi ya beruntung setengah mati deh

    BalasHapus
  22. Tapi ya jangan kaya gini gan jadi kesulitan ya kalo yang jarang di pakai laptopnya yang sering di pasang kan jadi kesulitan atau yang banyak kerjaan nya kan bisa kehilangan data

    BalasHapus
  23. Thx gann sangat bermanfaat hehe

    BalasHapus
  24. Akhmad Zulianto // Mohon maaf jika ada susunan artikel yang memang kurang tepat posisinya. Dan saya ucapkan banyak terima kasih atas masukannya untuk mas Akhmad. Catatan khusus sudah saya letakkan sebelum step-stepnya dan saya beri BOLD + UNDERLINE. Semoga tidak terjadi hal yang tidak di inginkan lagi.

    Arif Wicaksono // Iya gan. Note udah saya taruh di atas. Mohon maaf kalau peletakannya terlalu akhir.

    Ananditya Bayu // Trima kasih atas mampirnya di blog ane. Semoga bisa membantu para pembaca yang sedang mengalami kasus serupa.

    BalasHapus
  25. Maaf gan.. ceritanya ane beli leptop dari orang lain nah pas nyampe rumah ane instal ulan tu leptop tapi permasalahan mulai muncul pas pembagian partisi hanya bisa format tidak bisa di delete partisinya. Sebelumnya emang ni leptop di kasih kaya paswod administrator, ane telepon orangy udah g aktif. Solusinya bagimana gan agar bisa menghapus partisi2 itu? Mohon bantuannya.

    BalasHapus
  26. Arsan Laptop // Cara diatas menurut saya cukup ampuh untuk menghapus semua partisi. Hasilnya layaknya hardisk baru. Silahkan ikuti step-step diatas sampai selesai ya!

    BalasHapus
  27. oala ane baru tau gan kalo downgrade os bisa kaya gini.truz ini ane kan uda terlanjur C nya di apus..tapi data di D dll msh ada. nah pertanyaan ane kalo misal di install windows 10 lagi apa bisa ?andai g bisa misal copot hardisk di jadikan sperti hardisk external truz colok ke pc/laptop lain apa ke detect datanya? thanks gan mohon pencerahannya

    BalasHapus
  28. Unknown // Bisa, kalau asalnya windows 10 dan balik lagi ke Ten. Karena jenis partisinya sama kan! Trus untuk masalah hardisk laptop, bisa dijadikan eksternal dan kedetect di PC. Asal, agan punya sebuah kabel adapter dari kaki hardisk (sata) ke USB.

    BalasHapus
  29. tinggal hapus partisi terus setelah terkunci bikin baru lagi kelar setelah itu tutup tampilan ulang dsari awal kelar deh masalah

    BalasHapus
  30. mantep infonya (y) tengkyuhhh

    BalasHapus
  31. inoeshin MIS // Jozz & sukses selalu untuk agan ya!

    BalasHapus
  32. trus gmana sudah ya kalau uda gtuh nyesek deh lantaran lihat data uda ke hapus semua

    BalasHapus
  33. ferdi ansyah // Mohon maaf gan! Ane kan udah kasih info tulisan dan di kasih garis bawah tentang resikonya. Karena ini adalah langkah terakhir. Jadi semua data harap diamankan dulu.

    BalasHapus
  34. Mantap....thanks atas ilmu nya....

    BalasHapus
  35. atang sofyan // Ok . Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang mengalami problem yang sama gan!

    BalasHapus
  36. Min, saya sudah baca komentar saran bagi yang sudah terformat dan tidak ada isi osnya.. saya sudah pakai hiren, dan menggunakan mini windows xp, setelah itu saya buka hbcd dan pilih aplikasi "undelete" terus kemudian "recuva" sama saja min ga balik datanya setelah di scan, yang ada hanya penyimpanan sementara si hirens. apa ada solusi min??

    BalasHapus
  37. Hamdani Aziz // Jika problemnya seperti itu. Mungkin ini bisa jadi solusi gan! Ini kejadian udah pernah ane alami. Satu hardisk 3 partisi hilang semua malahan. Awalnya puyeng ampek 4 hari cari solusi. Silahkan dicoba : Agan perlu 1 hardisk lainnya. Lalu instal hdd tadi dengan windows normal. Misal 7. Lalu, hardisk yang akan di recovery tadi, jadikan sebagai hardisk eksternal. Lalu, pada windows normal, silahkan download dan instal aplikasi "EaseUS partition Recovery". Lalu silahkan recovery semua data untuk HDD eksternal yang hilang datanya tadi. Semoga bisa membantu.

    BalasHapus
  38. Makasih gan, masuk juga idenya.. (y)

    BalasHapus
  39. Masalah ini dapat berhubungan dengan cara sumber jendela bootable dibuat . Untuk mengatasi masalah ini :

    1- Program Unduh rufus .
    2- Pilih " skema partisi GPT untuk komputer UEFI " di " skema partisi dan sistem target jenis " bagian .
    3- Pilih pilihan lain dasar pada kebutuhan Anda .
    4- Tekan memulai dan membuat flash drive bootable .
    5- Restart komputer Anda dan boot menggunakan flash drive bootable Anda .
    6- Lanjutkan proses instalasi dan Anda tidak akan menghadapi masalah itu lagi .

    Tidak seperti solusi lain , data Anda tidak akan dihapus dalam metode ini

    BalasHapus
  40. Hamdani Aziz // Semoga bisa membantu bagi yang sudah terlanjur kehilangan data.

    ikhwan the gembel // Jozz Agan ini. Suwun ilmu dan masukannyanya. Perlu dicoba. Indahnya berbagi ya gan!

    BalasHapus
  41. Mas Indra... Mohom bantuanny... Saya sudah delete partisi semua... Tp yg di data D blm saya delete... Saya mau selamatin data D ny gmn y..? Soalny pakai hiren trs mini xp g mau keluar yg di data D... Soalny data penting bgt, bagaimana y carany supaya data d data D tidak hilang..? Mohon bantuanny...

    BalasHapus
  42. Kok Aneh. Kalau sudah bisa masuk di dalam mini windows XP, Semua partisi pasti akan terdeteksi. Baik itu yang awalnya di windows normal terhide. Apakah agan yakin nggak salah delete PARTISI?

    BalasHapus
  43. tonni sinaga // Jozz. Slamat gan!

    BalasHapus
  44. Mas, setelah di clean jadi hilang semua datanya, kalo misalnya untuk mengembalikan data yang hilang karena sudah di clean bagaimana?

    BalasHapus
  45. Kresna Pandu w // Kan udah ane kasih info diatas dan di underline kalau data akan hilang. Namun, kalau udah terlanjur, agan bisa gunakan aplikasi EaseUs Partition recovery, atau Partition find and mount. Dijadikan booting.

    BalasHapus
  46. Seru dah. Hardisk sudah terlanjur untuk uji coba. Sekarang Mencoba menggunakan recovery untuk mengembalikan data yang kehapus. Tapi mungkinkah setelah partisi data bisa kembali, kalo hanya keformat atau kedelete mungkin bisa.

    BalasHapus
  47. ANe Juga dah amblas datanya...
    Sebetulnya dah diingatkan pada awal tulisan tapi setelah baca tutorial nya malah lupa...
    Sebaiknya Catatn dibuat dua kali. Awal dan Akhir... atau warna merah...

    BalasHapus
  48. Wiwit Prastawa dan Sulis Sumberasri // Ane udah pernah ngalamin partisi hardisk amblas semua gan. Dan alhamdulillah setelah puyeng selama 4 hari nyari-nyari tutorial di mbah google dengan mencoba banyak software bisa kembali. Dengan aplikasi EaseUS partition Recovery.

    BalasHapus
  49. makasih yah berkat tutorialnya laptop ku udah jadi.

    BalasHapus
  50. Travis Harun // Alhamdulillah... Syukur kalau bisa membantu gan!

    BalasHapus
  51. setelah saya ketik diskpart,tidak muncul langkah selanjutnya seperti gambar tutorial nya...gimna itu gan...ada solusi kah

    BalasHapus
  52. Bermanfaat sekali ilmunya sangat membantu, sya hmpir gila karna gk bisa partisi
    makasih banget

    BalasHapus
  53. Bermanfaat sekali ilmunya sangat membantu, sya hmpir gila karna gk bisa partisi
    makasih banget

    BalasHapus
  54. gan laptop ane compac cq 40 ane sudah lakukan cara di atas tapi tetep ga bisa instal tolong solusinya thank

    BalasHapus
  55. gan laptop ane asus x200m udah lakukan kayak di atas tapi gak bisa. gmana gan? malah disk nya gak ke baca di bagian next itu

    BalasHapus
  56. Thanks Gan ,udh bisa ..
    data juga ane backup dulu, di cabut dulu hardisknya ,kmudian ane pindahin data pentingnya aja ke laptop temen ..
    skali lagi thanks gan

    BalasHapus
  57. itu software booth kaya dos atau windows gan?

    BalasHapus
  58. apabila melakukan perintah tersebut, apakah hardisk pada partisi lain akan ikut terformat?

    BalasHapus
  59. Anjir data gue hilang semua......!
    Video XxX Gue Hilang......!

    BalasHapus
  60. Makasih gan lemah teles gusti allah yg bales alhamdulilah jd nota

    BalasHapus
  61. Makasih mas, tadinya sy dah kebingungan..

    BalasHapus
  62. coba pakek linux , menggunakan tools bawaan linux'GPT'

    BalasHapus
  63. Nuhun Mas Bro manfaat ilmunya ...

    BalasHapus
  64. Sama-sama. Syukur dan ikut senang jika postingan ane ini bermanfaat. Dan untuk agan yang kehilangan data, mohon maaf. Sebenarnya sudah saya kasih info dan underline di artikelnya dengan jelas.

    Dan bagi agan yang masih gagal dengan langkah di atas, bisa coba dengan tool yang biasa ane gunakan. yakni hirenboot CD atau bisa juga pakai DLC boot CD. nanti di dalam mini windows xp, silahkan agan gunakan aplikasi yang bernama Mini tool Partition Wizard atau AOMEI partition. Semoga membantu.

    BalasHapus
  65. ngk pa apa gan..!! thanks gan tas infonya

    BalasHapus
  66. Duh laptop saya jadi 1 partisi doang, apakah benar masih bisa kembali datanya -_-

    BalasHapus
  67. Dengan easeus setelah di recovery dtanya acak-acakan tidak

    BalasHapus
  68. Mas saya juga kebablesan data d nya,setelah selesai di instal cuama ada data c nya mas jd gimana sebelum mencari data yg hilang kita bagi partisi nya dulu atau gimana mas mohon panduan nya mas ..

    BalasHapus
  69. ada cara gak biar datanya balik lagi ? please

    BalasHapus
  70. terima kasih atas ilmu yang bermamfaatnya ya gan, good job n sukses slalu

    BalasHapus
  71. min. klo ikut tutor di atas ngga ke hapus data D sma E,.?

    BalasHapus
  72. gan klo udah hilang semua yang di partisi bisa di kembaliin ulang? mohon info caranya

    BalasHapus
  73. Gan, saya udah melakukan intruksi di atas tapi, pas mau saya instal ulang lagi kok masih sama ya muncul kya gtu lagi ?
    Padahal format udah saya ubah, mohon pencerahannya ?
    Makasih

    BalasHapus
  74. Gan, saya udah melakukan intruksi di atas tapi, pas mau saya instal ulang lagi kok masih sama ya muncul kya gtu lagi ?
    Padahal format udah saya ubah, mohon pencerahannya ?
    Makasih

    BalasHapus
  75. gan da sya lkukn sesuai ap yg di surh tp kok ttp ga bs di instal ya di system mw ga mw sy instal k yg laen
    trs xl mw tanbhkn local data it mw di kasih angka brpa mb gan? pnya sya 1 tb mhon bntuanny

    BalasHapus
  76. Thanks gan... Sangat membantu...

    BalasHapus
  77. Aduh PPT Sidang gwwwwwww

    BalasHapus
  78. Gan saya mau nanya, saya baru coba instal windows 8 di laptop saya, dulunya windows 7 ori, terus muncul pernyataan klo ini GPT disk, tapi tetep bisa di install, nah itu kok bisa gitu ya?

    BalasHapus
  79. file yang di E sam D hilang gx tu...???

    BalasHapus
  80. mas indra ..penggunaan EaseUs data recovery nya gimana

    mohon penerangannya.

    BalasHapus
  81. entris // ok

    Kholid Indra // Sippp.

    nur rizal // Mohon maaf.... Agan nggak baca posting sampai selesai ya! Padahal udah saya info + underline lho! Masih bisa kok. Akdang acak2 an gan.

    dj ndank // Di recovery gan!
    arif wicaksono // Pakai aplikasi recovery. Banyak yang share di internet kok gan! Kalau ane biasanya pakai easeUS.

    khyjuntak // Kehapus semua gan!

    Rabaniown // Kalau agan melakukan intruksi sesuai diatas... Muncul pemberitahuan sukses. Jika belum sukses, silahkan ulangi lagi. mungkin ada step yang ketinggalan.

    charles elbert // Sebelum klik NEXT, Pastikan posisi blok pada partisi C yang akan dijadikan tempat untuk windowsnya. Sedagkan untuk besarnya data terserah agan. Mau dikasig berapa GB.

    Larantuka Pratama // Ma-sama gan!

    Azi // Maksudnya gimana gan?

    Unknown // Iya, karena jenis partisi win 7 dan 8 itu beda gan. Kalau upgrade biasanya nggak masalah. Dan bisa nyala tombol NEXT nya. Namun kalau downgrade biasanya sebaliknya gan! Maka dari itu, harap backup dulu data di windows normal buat jaga-jaga. Agar tidak kejadian seperti pada banyak orang yang Comment di artikel ini. Kebanyakan mereka kurang teliti baca hingga akhir postingan. Dan akhirnya menyalahkan yang posting.

    afrizal saputra // Hilang gan!

    afrizal saputra // Ane saranin hardisk yang akan di recovery dijadikan sebagai eksternal di laptop atau komputer lain. Instal aplikasi EaseUS nya lalu pilih hardisk yang akan di recovery. Tentukan yang akan direcovery itu partisinya atau data di dalam partisi. Lalu tunggu prosesnya. Lama atau tidaknya proses tergantung pada berapa besar kapasitas hardisk.


    BalasHapus
  82. Sudah Di posting setahun yg lalu, dan tetap menjadi artikel yg bermanfaat untuk banyak orang, mantap gan

    BalasHapus
  83. Mastah? Artikelnya Sangat Membantu ^^ Udah Hari Ke Hari Saya Cari Solusi Untuk Problem Ini, Ternyata Tidak Sulit Yaa --" Semoga Selalu Bermanfaat Untuk Yang Lainnya ^^
    Arigatou Gozaimashitaa ^^

    BalasHapus
  84. Cara recovery menggunakan EaseUS gmna boz Indra? Maklum Newby

    BalasHapus
  85. maaf gan, mau tanya cara menggunakan hirenboot CD gimana ya gan?

    BalasHapus
  86. kenapa kita ke install windows pilih partisi disana kosong kalo cara bagaimana kita gunakan

    BalasHapus
  87. Gan mohon infonya saya lupa backup data jadi dtanya kehapus semua.. untuk kembalikan datanya apa harus di cabut hardisnya apa ada solusi lain..? Mohon infonya gan.. soalnya datanya penting data skripsi trimakasih

    BalasHapus
  88. Gan mohon infonya saya lupa backup data jadi dtanya kehapus semua.. untuk kembalikan datanya apa harus di cabut hardisnya apa ada solusi lain..? Mohon infonya gan.. soalnya datanya penting data skripsi trimakasih

    BalasHapus
  89. makasih gan sangat mmbantu... (y)

    BalasHapus
  90. Tanngkayu berat bro.. sangat membantu

    BalasHapus
  91. Cahyo Muharrom // Terima kasih gan! Syukur dan senang bisa saling berbagi gan!

    Angga Ferdiansyah // Amiin... Senang bisa bermanfaat untuk semuanya mas.

    minan_ pandu // caranya instal aplikasi EaseUS ke komputer atau laptop lain. lalu silahkan agan lepas hardisk di laptop yang akan direcovery. masukkan ke cashing HDD 2.5 inch (banyak dijual di pasaran). Jadi, hardisk yang akan di recover sekarang menjadi hardisk eksternal. Kemudian buka aplikasinya. Lalu silahkan pilih. Jenis partition atau data. lama atau tidaknya proses, tergantung besarnya kapasitas hatdisk. Silahkan tunggu saja sampai selesai. udah kok.

    Hilmy Arif // siapkan hiren dalam bentuk cd atau FD yang sudah berbentuk ISO. lalu setting booting bios ke hiren.

    Pholly Zhanthoz // Sesuai dengan yg ane infokan di postingan di atas. Ketika agan menggunakan trik tersebut, kondisi hardisk akan terformat total. Jadi, apabila tampilan partisi masih kosong, silahkan pilih option untuk membuat (create) partisi baru. Atur dan sesuaikan kapasitas partisinya. Baru nanti menu NEXT akan menyala.

    Ipey Rosadin // Silahkan lakukan langkah seperti yang ane jawab untuk agan minan_ pandu.

    Rachmad Maulana.R // Ok an. Sami-sami.

    BalasHapus
  92. Ah sialan. Ane niatnya cuman hapus data c. Malah semuanya ikut kehapus

    BalasHapus
  93. C= system
    D=Data
    E=Master

    Convert dari GBT to MBR data tetap selamat tanpa harus format total.Format C: FAT32
    Gunakan program Aomei partition manager

    BalasHapus
  94. Mengatasi Windows Cannot Be Installed On Drive 0 Partition 1
    Gunakan Aomei Partitin Assistant untuk menghindari kehilangan data. Data selain didrive C tetap aman dan tidak perlu harus memformat hardis keseluruhan disamping ribet bayak waktu untuk backup data dimasing2 drive.
    Untuk mengkonvert dari GBT ke MBR cukup mudah dengan Aomei partition assistant caranya adalah sbb:
    Buat bootable CD/DVD dengan Aomei:
    1. Dari menu Wizard pilih "Make bootable CD wizard"
    2. Tunggu hingga proses pembuatan bootable CD selesai.
    3. Restart kompi dan gunakan CD tadi yang kita buat
    untuk booting.
    (secara otomatis Aomei partition assistant akan
    terbuka).
    4. Pilih Disk1 (biasanya hardisk 1 yang ada C, D, E dst.
    5. Rebuild MBR maksudnya agar disk kembali dalam format
    MBR. yang tadinya GBT. Apabila sudah bentuk Basic MBR
    tetapi tidak bisa untuk install windows makan convert
    dari MBR ke GBT kemudian convet lagi dari GBT to MBR
    ini cuma akal-akalan.
    6. Pilih partisi C kemudian format ke NTFS agar windows
    jalan saat instalasi.
    7. Restart dan gunakan Windows Installation Disk.

    Semoga berhasil jika ternyata belum bisa masih "Windows Cannot Be Installed On Drive 0 Partition 1",
    Gunakan Hiren Boot CD. Pilih program DiskGenius ini adalah langkah pamungkas untuk menkonvert dari GBT to MBR prosesnya sama.
    Pilih Partition yang aktif kemudian Rebuild MBR dan fotmat C ke NTFS.
    Jika ini tidak berhasil masih di Hiren gunakan Program MBR checker, cari program yang menangani partisi dan MBR

    Cara diatas saya coba dan 100% work. Jangan menyerah jida data anda ber giga-giga backup waduh capek belum master dll dll.

    Semoga berhasil...

    BalasHapus
  95. siallll data ilaangg...

    mana laptop orang lagiiiiiii

    pake easeus bisa moga2.......

    BalasHapus
  96. data di flashdisk malah ikut gak kebaca solusi dong gan

    BalasHapus
  97. terimakasih banyak mas, infonnya super duper sangat sangat bermanfaat, klo bisa sekalian bikin vidionya mas, untuk newbie nya newbie selain saya :D

    BalasHapus
  98. mas kq laptopq cmdnya gak mau diketik lg ktka udah diskpart plus enter

    BalasHapus
  99. Thanks mas bro... Masalah ane jadi teratasi..

    BalasHapus
  100. Bang, kalau sudah terlanjur jadi terformat total, trs akhirnya ini laptop sudah instal ulang, datanya msh bisa si recovery gak y?

    BalasHapus
  101. aQ dulu juga keformat semua.. Tpi coba pakai aplikasi disk partition recovery.. Semua drive & isi datanya yg ilang bisa balik (pengalamanku).. Installny jangan di hdd yg datanya ilang.. Copot dulu hddnya, pasang ke laptop lain sebagai hdd ext.. Trus scan deh..

    BalasHapus
  102. thaks banget kk......., kau penyelamat laptop ku.........

    BalasHapus
  103. Data ane udah ke hapus duluan Giman y

    BalasHapus
  104. Tri Yatno Gotrex & Tri P. // Trima kasih atas masukannya. Semoga bisa menjadi tambahan referensi cara lain bagi temen2 yang sekiranya bingung dengan postingan ane.

    jay dwi // bisa, tapi harus sabar. Biasanya lama. Namun aplikasi tersebut kadang tidak menjamin 100 data kembali.

    Abdul Rifai // Pada step ini, agan kan mau nginstal ulang. Jadi yang diperlukan adalah flashdisk yang berbentuk bootable installer. Kalau yakin Bootable dari FD udah bener dan masih belum bisa detect. Silahkan masuk ke pengaturan bios. Rubah settingan usb yg asalnya disable menjadi enable. Atau yang asalnya AHCI ke IDE. Matikan juga mode UEFI jika OS yang ingin agan instal windows 7 atau XP.

    Wawan Setiawirabuana // Sama-sama bozz

    Dyka // Coba restart ulang. Setelah diskpart ada jeda. Jadi jangan langsung ketik step berikutnya. Tunggu kursor berkedip pada paragraph baru dibawahnya dulu.

    Christopher Wijaya, angga putra, // Oke bozzz...

    diaz' blog // bisa, Tapi nggak bisa jamin 100 % data kembali.

    Akhmad Zulianto // Mantap bro. Semoga bisa membantu dan menjadi solusi lain bagi temen-temen yang udah keformat.

    agung win // Jozz boz. Sukses selalu ya!

    edo edo / Silahkan baca komen di atas. Banyak juga dari temen-temen yang memberi opsi solusi dengan trik lain.



    BalasHapus
  105. Gan ane tetep gabisa nih, tolong email saya yg ngerti dwikiaji25@gmail.com

    BalasHapus
  106. sama njir gua juga ilang semua :'v :'v ternyata harddisk primary gue bukan disk 0 alias disk 1 :'v kurang teliti

    BalasHapus
  107. gan mending ente hapus aja nih artikel.. entah kenapa meskipun sudah ada peringatan disana, tapi seakan akan orang yang mengalami maslah ini ingin agar cepet selesai mangkanya mereka langsung ke step inti aja, kaya ane kemaren.. akhir nya kemaren hilang semua deh data temen ane, ane yang nginstal juga -_-, hapus aja udah, sebelum lebih banyak korban.

    BalasHapus
  108. Gregorius Rama & Muhammad // Mohon maaf banget gan! Kalau menurut ente artikel ini belum bisa memberi solusi. Tapi, bagi ane intinya sebaliknya. Ingin sedikit share tentang apa yang saya sudah tahu. Pro dan kontra di koment ini sudah banyak banget. Ada yang menilai positif dan ada pula yang sebaliknya. Membudayakan baca artikel sampai kelar dan comment sebaiknya agan lakukan dulu. Jangan asal bilang negatifnya aja. Masak karena agan kurang teliti baca hingga kelar, orang lain yang disalahkan.

    BalasHapus
  109. TS harus jelasin apa beda nya select disk 0 atau select disk 1 dan apa resiko nya. Menurut saya sebelum masuk langkah ke ketik "select disk 0" ketik "List disk" dulu utk bisa melihat disk yg terisntall di mesin.. Fyi perintah "Clean" adalah "Zero Field" jd semua partisi/data akan hilang tidak akan bisa balik lg (Destroy). Emng artikel nya sedikit menyesatkan. Jadi wajar kalo ts di hujat. Saya pun akan marah besar bila semua data-data penting hilang dan tidak akan balik lagi. Dan kalo TS sebagai tukang services PC langganan saya, saya bakalan kapok utk benerin PC saya lagi ke TS. Mungkin ini bisa dijadikan pelajaran utk TS utk bisa bikin Artikel yg lebih detail penjelasannya.

    BalasHapus
  110. Gan laptop ane masalahnya sama dengan postingan agan, ane ikutin langkah demi langkah udah berhasil. Pas ingin instal ulang d pembagian partisinya masih ngk juga bisa gan...keterangannya failed to create a new partition on the selected unused space. [Error : 0x8007045d] ..tolong pencerahannya gan

    BalasHapus
  111. gan pembagian partisi nya mau,, pas udah selesai pembagian nya selesai pencet NEXT tidak ,au gan ... tolong pencerahanbya gan,,, >

    BalasHapus
  112. Maksudnya kehapus , yang kehapus apanya ya ?

    BalasHapus
  113. Makasihh banget gan, terbantu nih hehe

    BalasHapus
  114. apa data2nya ga hilang bg?saya windows 8.1

    BalasHapus
  115. buat bootable linuk mint .. load bootable nya,, backup saja datanya

    BalasHapus
  116. saya berhasli melakukan cara di atas, cuman partisinya kok jadi 1 doang, jadi datanya hilang semua yaa ? mohon jawabnan nya gan trimaksih

    BalasHapus
  117. Cleannya dah sukses to msh error lg pas install ya gan

    BalasHapus
  118. Ternyata hardisknya yg bermasalah baru bs diformat via cmd

    BalasHapus
  119. Pengalaman pribadi, data kehapus semua ( kurang teliti ).
    Bagi yg mau coba, dibaca/disimak dengan teliti.
    Terima kasih sangat membantu gan, sukses selalu.

    BalasHapus
  120. giiiiiiiiiiiiiiiiiiiilllllllllllllllllllllllllllaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  121. Cara ini bener-bener tidak berguna, yang saya harapkan itu hanya drive c yang di format bukan semua drive c d dan e. Klo begini mah tanpa command promp langsung delete saat partisi disk mah bisa. Saran ane coba gimana agar tombol next muncul dan drive d dan e aman.

    BalasHapus
  122. Punya saya sudah berhasil, tapi ketika buka eksplore yang ada cuma disk c sedangkan disk d dan e hilang, gimana munculinnya ya??

    BalasHapus
  123. @WahYou Dwi Prasetyo d dan e sampean udah keformat mas alias ilang.. Kan udah diberi peringatan diatas kalo harddisk akan keformat seutuhnya layaknya hdd baru

    BalasHapus
  124. Makasih Mas, sangat membantu setelah dari siang nyari caranya gak ketemu wkwkwk. sukses selalu!

    BalasHapus
  125. Kalo ane pas kejadian waktu mau install windows 10 di drive c padahal di drive d: msh ada data penting gk mgkin klo ane format semua hardisk ane kyk baru lg, akkirnya ane install ulang lg aja kembalikan pake windows 7 lagi padahal sblmnya drive c sdh ane hapus partisi dan format pake instalan windows 10 sebelumnya dan akhirnya bisa tuh kembali lagi normal, ane pikir klo mau install windows 10 ane mau pindahan semua dulu data di hardisk dikosongin semua hardisk kyk baru baru install windows 10 nya

    BalasHapus
  126. Makasih gan, Laptop saya jadi seperti baru beli lagi :3

    BalasHapus
  127. Cara paling mudah dan ga harus menghilangkan data dicoba hanya mengubah configurasi uefi pada bios saja gan. Repair lalu cati opsi mengubah uefi pada bios..
    Laptop saya sdh bisa diinstal sebagaimana mestinya.

    BalasHapus
  128. Thanks gan sangat" membantu :D

    BalasHapus
  129. mungkin di edit aja gan ,biar yg sok tau kyk sy baca klo itu clean mksdnya clean hd bukan partisi c aja. data orang ilang semua soalnya ..thanks

    BalasHapus