Melayani jasa service laptop dan instal panggilan surabaya. Blog ini juga berisi seputar informasi tentang komputer.

Penyebab Laptop Mati Total Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Mati Total Dan Cara Mengatasinya

penyebab-laptop-mati-total-dan-cara-mengatasinya

Sobat blogger tercinta, masih tetap seputar notebook. Kali ini kita akan membahas tentang penyebab laptop mati total dan cara untuk mengatasinya. Jadi, bagi anda yang sedang mengalami kasus tersebut, jangan panik. Ikuti tutorial ini sampai selesai ya!

Mati tota yang dimaksud dalam tutorial kali ini yaitu laptop tidak mau merespon apa-apa ketika di switch on. Tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali. Baik itu lapu indikator power ataupun kipas angin.

Beberapa hal yang menjadi penyebab dari laptop mati total antara lain :
1. Charger rusak
Umumnya, rangkaian charging konslet atau bisa juga kabel putus di tengah jalan. Untuk menguji secara akurat, gunakan multitester untuk mengukur tegangan keluaran yang berada pada ujung charger.Umumnya tegangan yang dihasilkan sekitar 19 v.

2. DC jack problem
Dc jack yang dimaksudkan adalah ujung yang berada pada body laptop. Kasus ini sering terjadi pada laptop. Untuk mengujinya, anda harus punya keberanian untuk membongkar bagian dalam laptop. Baru setelah terbuka ukur pin atau kabel di pangkal jack dc. Pastikan tegangan dari adaptop sudah masuk.

3. Battery problem
Battery yang bermasalah juga cukup sering menjadikan mati total pada laptop. Untuk mengujinya cukup mudah, coba gunakan battery baru atau bekas yang dirasa masih normal kemudian cba nyalakan dan lihat hasilnya.

4. Mainboard rusak
Mainboard yang rusak cukup rumit penanganannya. Diperlukan keahlian khusus untuk memperbaikinya. Jika anda kurang yakin, maka serahkan pada orang yang lebih ahli. Agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal.

5. Peripheral eksternal short
Peripheral yang dimaksud antara lain : hardisk, wifi, speaker, dvd room, keyboard, jack usb. Untuk memastikan, lepas semua part tersebut dan coba nyalakan. Jika hasilnya laptop mau nyala, maka salah satu atau beberapa peripheral yang dilepas merupakan hal yang menjadi penyebabnya. Pasang satu-persatu untk memastikan yang rusak.

Itulah beberapa hal yang sering menjadi penyebab laptop mati total. Dengan mengetahui beberapa tahap perbaikan di atas, diharapkan temen-temen bisa memperbaiki kerusakan yang terjadi pada netbook pribadi, sehingga bisa lebih meminimalisasi biaya ke tukang service laptop. Mohon share artikelnya ya!


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Indra Taufiq, Published at 05.55 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar