Melayani jasa service laptop dan instal panggilan surabaya. Blog ini juga berisi seputar informasi tentang komputer.

Cara Membaca Kode IC Bios Laptop

Cara Membaca Kode IC Bios Laptop

cara-membaca-kode-ic-bios-laptop
Bagi seseorang yang bergelut dalam bidang perkomputeran, terlebih untuk laptop, tentu sudah tahu tentang apa itu bios. Jika masih belum faham, silahkan baca artikel tentang mengenal bios dan fungsinya. Namun, untuk postingan kali ini akan lebih ane fokuskan tentang cara membaca kode IC bios pada laptop atau notebook.



Bios memiliki peranan yang sangat penting. Terutama maslah settingan dasar. Antara lain mengatur booting dari windows atau installer melalui dvd atau flashdisk. Terdapat juga pengaturan waktu.

Secara umum, ic bios yang beredar di pasaran ada 5 macam. Perbedaan penggolongan tersebut pada hakikatnya adalah nilai dari kapasitas ic tersebut dalam menampung data firmware yang dinyatakan dengan Kb atau Mb.

Berikut ini adalah keterangan tentang cara membaca kode pada ic bios netbook :
1. 25X40 memiliki kapasitas 512 KB
2. 25X80 memiliki kapasitas 1 MB
3. 25X16 memiliki kapasitas 2 MB
4. 25X32 memiliki kapasitas 4 MB
5. 25X64 memiliki kapasitas 8 MB

Kode "X" bisa juga berupa angka "Q". Intinya yang perlu untuk diperhatikan yaitu dua digit terakhir. Yang menyatakan kemampuan maksimal menampung data firmware.

Untuk memasukkan firmware ke dalam ic bios, cara yang paling mudah yakni menggunakan alat flash bios. Sudah banyak beredar di pasaran kok!

Sekian sekelumit postingan dari saya tentang cara membaca kode pada ic bios laptop. Semoga bisa membantu temen-temen, terutama yang sedang mulai belajar tentang service laptop seperti ane ini. Trima kasih atas kunjungannya ya!!!


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Indra Taufiq, Published at 15.49 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar