Melayani jasa service laptop dan instal panggilan surabaya. Blog ini juga berisi seputar informasi tentang komputer.

Cara Mendeteksi Kerusakan Hardisk

Cara Mendeteksi Kerusakan Hardisk

Hardisk merupakan salah satu hardware yang memiliki peranan penting dalam komputer atau laptop. Lantas, apa yang terjadi jika mengalamai problem? Tenang sob! Karena pada sesi kali ini saya ingin sedikit berbagi mengenai cara mendeteksi kerusakan hardisk. Dengan demikian kita bisa tahu pasti tentang kondisi hardisk kita.

Secara umum, hardisk pada laptop yang mulai rusak memiliki tanda sebagai berikut :
1. Proses pembacaan file lambat
Pernahkah suatu ketika anda sedang membuka sebuah file di hardisk melalui windows eksplore. Dan ternyata proses loading sangat lambat.

2. OS berjalan cukup lelet
Mungkin faktor lain yang mengakibatkan lambat alias lelet pada windows adalah virus dan RAM yang terlalu kecil. Namun, jika kita yakin dari keduanya tidak ada masalah, maka anda perlu curiga jika HDD pada komputer anda mulai rusak.

3. Suara berisik pada hardisk
Salah satu ciri mudah untuk mengetahui hardisk yang mulai sekarat yakni bisa dilakukan dengan mendengarkan bunyinya (maksudnya bunyi pada hardisk ya). Hardisk yang sehat akan bersuara dengannyaring dan tidak mendecit.

4. Terdapat banyak file yang tidak bisa dibuka
Istilah lainnya yakni corrupt. Misal di dalam data terdapat banyak file atau folder. Ketika membukanya ternyata data tidak ada alias kosong.

5. Bad sektor
Ini dia kasus yang paling sering terjadi pada hardisk.

cara mendeteksi kerusakan hardisk


Bad sektor merupakan kerusakan yang terjadi di dalam bagian paling kecil (sektor) di dalam internal hardisk. Kalau saya pribadi, untuk melakukan pengecekan kondisi sehat atau tidaknya hardisk biasanya menggunakan senjata andalan, yakni HIRENBOOT CD. Ada banyak sekali kok yang share di internet. Anda tinggal setting booting ke hire lalu masuk ke MINI WINDOWS XP. Kemudian gunakan HD TUNE. Pilih ERROR Scan. Warna hijau menunjukkan jika sektor dalam kondisi baik, sedangkan warna merah merupakan sebaliknya.

Sekian dulu sobat postingan tentang cara mendeteksi kerusakan hardisk. Semoga membantu anda semua. Terima kasih atas kunjungannya ya!


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Indra Taufiq, Published at 00.38 and have 1 komentar

1 komentar: