Melayani jasa service laptop dan instal panggilan surabaya. Blog ini juga berisi seputar informasi tentang komputer.

Cara Mengatasi USB Port Tidak Terdeteksi Pada Laptop Dan Komputer

Cara Mengatasi USB Port Tidak Terdeteksi Pada Laptop Dan Komputer



cara-mengatasi-port-usb-tidak-terdeteksi-pada-laptop-image
Sharing mengenai cara mengatasi usb port yang tidak terdeteksi pada laptop atau komputer ini terinspirasi oleh pengalaman saya beberapa hari yang lalu. Kala itu ada orang yang memperbaiki laptopnya dengan kasus USB sama sekali tidak bisa ngedetect device yang dicolokkan, baik itu flashdisk, keyboard atau mouse yang menggunakan tatap muka USB.

Perlu untuk diketahui, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyabab port usb yang tidak berfungsi . Diantaranya :

1.Perangkat FD, Keyboard, atau mouse eksternal memang rusak.
2.Driver USB belum benar-benar terinstal pada windows.
3.Socket USB rusak atau patah.
4.Settingan bios yang salah.
5.Motherboard rusak.

Kita bahas satu persatu dari kelima point di atas ya!
Untuk meyakinkan mouse, keyboard dan Flashdisk rusak atau tidak, anda memerlukan komputer atau laptop lain untuk melakukan testing. Jika runnung dengan lancar, berarti perangkat tersebut tidak ada masalah.

Sedangkan masalah driver, silahkan cek pada windows di bagian device  manager. Lihat di bagian USB. Tidak boleh muncul tanda seru kuning. Jika masih muncul, berarti driver belum terinstal, sehingga perangkat tidak bisa dikenali oleh windows.

Patah atau tidaknya socket USB diperlukan keberanian lebih untuk test lebih anjut. Karena kita harus nelihat fisik socket dengan membongkar cashing PC atau laptop. Settingan bios yang salah, bisa juga mengakibatkan port USB tidak berfungsi. Untuk masuk bios, anda bisa mengakses melalui menu tertentu. Dan lihat pada bagian “USB konfiguration”. Rubah jadi “enable”.

Tahap terakhir ini merupakan hasil final yang menjadi kesimpulan jika ke empat langkah diatas gagal. Ini menunjukkan sumber masalah berada di bagian motherboarb. Bisa dari file bios yang corrupt atau bisa juga dari komponen control keyboard yang rusak.  Pada langkah ini, biasanya hanya dilakukan oleh seorang teknisi yang profesional saja. Larena memerlukan keahlian khusus dan peralatan service yang memadai.

Udah dulu ah! Capek ngetik ni! Semoga share tentang caramengatasi port usb yang tidak bisa terdeteksi oleh lepi atau CPU. Moga membantu memberi inspirasi pada sobat blogger semuanya.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Indra Taufiq, Published at 02.58 and have 1 komentar

1 komentar: