Melayani jasa service laptop dan instal panggilan surabaya. Blog ini juga berisi seputar informasi tentang komputer.

Cara Mengganti Battery CMOS Di Laptop

Cara Mengganti Battery CMOS Di Laptop

Sebelum kita membicarakan tentang cara mengganti battery CMOS pada laptop, terlebih dahulu tahukah sobat semua tentang apa sih kegunaan battery cmos ini dan bentuknya seperti apa?

Fungsi utama dari cmos pada laptop atau komputer yaitu sebagai sumber daya pada sebuah bagian pada laptop yang disebut dengan bios ketika sebuah perangkat laptop atau CPU ketika mati alias tidak tercolok ke listrik. Dimaka kita semua tahu, bahwa fungsi dari bios adalah untuk menyimpan semua settingan dasar. Baik itu sistem,  input atau output dari sebuah device.

Oleh karena itulah pada kondisi sebuah PC atau notebook mati sekalipun, bagian bios ini harus tetap memperoleh daya. Dan daya tersebut diperoleh dari sebuah battery kecil yang disebut dengan istilah CMOS.

Lalu, kapan kita harus mengganti battery CMOS? Cara termudah untuk mengetahuinya yakni masuk ke settingan bios atau bisa juga dengan masuk ke windows. Perhatikan pada bagian time/ waktu. Jika tanggal dan waktu yang anda lihat sudah tidak sesuai dengan sekarang, perlu dicurigai bahwa battery cmos sudah kehabisan daya alias soak. Dan harus dilakukan penggantian, sebelum berakibat fatal pada kasus bios yang corrupt.

Atau indikasi lain yang juga merupakan hal yang umum terjadi, adalah adanya peringatan ketika kita mulai berselancar ke dunia maya melalui sebuah browser. Dengan kata lain, gagal konek ke internet.

Namun, untuk sesi kali ini akan lebih dikhususkan tentang cara mengganti battery cmos pada laptop atau notebook.  Caranya adalah sebagai berikut :

1.Karena tiap type lepi memiliki design yang berbeda, maka posisi cmos pun bisa berbeda. Namun, yang perlu anda perhatikan yaitu mencari sebuah part yang berbentuk seperti dibawah ini :

cara-mengganti-battery-cmos-dilaptop-image

cara-mengganti-battery-cmos-dilaptop-picture

2.Lokasinya ada yang di bawah cahing dan ada pula yang di dalam, sehingga dituntuk keberanian kita untuk membongkar semua bagian dan mengeluarkan motherboard  laptop.   
3.Jika sudah ketemu, silahkan ukur tegangan cmos nya. Ini hanya untuk memastikan. Tegangan normal untuk part pada laptop ini adalah 3 v.
4. Jika berbentuk socket seperti diatas , maka anda tinggal menancapkan pada pasangan socket di mobonya. Namun, ada juga yang meiliki bentuk lain yang harus disolder pada kedua ujungnya. Untuk melakukan penggantian, maka anda memerlukan sebuah alat solder.

Sangat mudah bukan sobat, cara mengganti battery cmos di laptop. Semoga bisa membantu temen-temen yang memiliki masalah diatas.





share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Indra Taufiq, Published at 20.19 and have 1 komentar

1 komentar: