Melayani jasa service laptop dan instal panggilan surabaya. Blog ini juga berisi seputar informasi tentang komputer.

Pengertian Dan Cara Menambah VRAM AMD Atau Intel HD Pada Laptop

Pengertian Dan Cara Menambah VRAM AMD Atau Intel HD Pada Laptop



Pada sesi kali ini, saya ingin sedikit berbagi info mengenai pengertian dan cara menambah VRAM AMD atau intel HD pada komputer atu laptop. Oke, untuk yang pertama kita bahas tentang pengertian dulu ya!  Pengertian dari VRAM yaitu sebuah perangkat  yang memiliki fungsi untuk menyimpan memori dari sebuah gambar yang ditampilkan oleh monitor. Dimana VRAM ini sebagai buffer antara CPU dengan VGA. Proses dalam penampilan sebuah gambar dari sebuah layar, pertama kali yaitu, sebuah  gambar yang telah dibaca oleh processor dalam sebuah kode ke dalam vram. Lalu data itu di rubah dari digital ke analog untuk dikirimkan ke layar monitor.  Proses di atas tidak bisa dilihat dengan mata telanjang manusia, karena terjadi dalam waktu yang sangat cepat.

Berbeda dengan sistem RAM pada umumnya, VRAM merupakan dual porting chip. Artinya, pada saat layar membaca sinyal gambar dari VRAM. Maka processor baru menuliskan data gambar dengan VRAM. Proses inilah yang mencegah munculnya kerlip di layar monitor penampil.

1. Cara Mudah Untuk Menambah VRAM Pada AMD

Salah satu kelebihan yang menonjol  pada GPU AMD dibanding NVIDIA ata INTEL yaitu terdapat AMD Graphis Overdrive. Yaitu sebuah software yang bisa digunakan untuk melakukan proses overclocking  dalam meningkatkan kualitas gambar pada sebuah komputer dan laptop secara maksimal.Nah…!!! Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah kapasitas ram pada AMD :

1.       Dengan cara menambahkan kapasitas RAM

Dengan menambah RAM (Random Access Memory), maka VRAM (Video Random Access Memory juga akan bertambah. Sehingga kemampuan untuk menyimpan data yang akan di convert akan menjadi lebih besar.
Cara untuk mengetahui nilai atau kapasitas VRAM pada sebuah komputer atau laptop yaitu : control panel – Apperance and Personalization – Display – Change display setting – Advanced setting . Nilai pada Dedicated Video Memory itulah yang disebut dengan VRAM.

pengertian-dan-cara-menambah-VRAM-AMD-atau-intel HD-pada-laptop-images440


1.       Menggunakan aplikasi atau software  AMD Graphic Overdrive

Cara menggunakannya pun sangat mudah, berikut adalah stepnya :
-          Pada dekstop silahkan klik kanan, kemudian Pilih opsi AMD Catalist Control Center.
-          Pada tab Performance pilih AMD Over Drive
-          Lalu Accept
-          Lalu click Configure Graphic Over Drive
-          Beri checklist Enable Graphic drive
-          Pada tampilan ini anda memiliki 3 pilihan :
-          High Performance GPU Clock Setting  = Untuk setting clock GPU AMD
-          High Performance Memory Clock Setting = Jika ingin setting clock VRAM
-          Enable Fan Control = jika ingin mengatur putaran fan secara manual.
-          Geser atau slider High Performance Memory Clock Setting ketika anda ingin meningkatkan performa VRAM.  Namun, sebaiknya juga anda tambahkan performa GPU nya.
-          Terakhir klik APPLY 

Catatan :
Lakukan trial sendiri untuk mengetahui batas maksimal dari kemampuan VGA anda. Caranya lakukan secara bertahap dengan menambahkan interval clock memory 100 MHz, lalu test dengan menjalankan game atau program  misalnya PES. Naikkan secara bertahap sampai batas maksimal untuk game mencadi crash ngelag.

2.       Dengan Cara menambah Virtual Memory
Kata lain dari cara ini yaitu meminjam kapasitas memory pada hardisk. Sehingga bisa mengurangi kapasitas hardisk. Caranya adalah :
-          Klik Start – My Computer ( klik kanan) – properties -  Advanced system setting – Advanced - pilih setting – Change – Hilangkan tanda check pada Automatically manage paging file size for all drives.
-          Tentukan drive yang akan digunakan untuk virtual memorinya.  Untuk amannya, gunakan drive C yakni dimana tempat tersimpannya OS disimpan.
-          Atur virtual memorinya pada menu Custom size. Sedangkan pada Initial Size sebaiknya di isi dengan 1.5 kali kapasitas maksimal RAM yang dipasang. Lalu Maksimum Size masukkan 3 kali.
-          OK 

3.       Menggunakan 3D Analyzer
3D Analyzer meruapakan sebuah apliaksi yang bekerja dengan cara meminjam kapasitas memory pada perangkat anda miliki. Dengan demikian hal ini akan sedikit mengurangi RAM. Untuk performa maksimalnya, sebelum menggunakan cara ini silahkan upgrade dulu RAM laptop atau komputer anda.
Dengan menggunakan aplikasi 3D Analyzer ini pekerjaan berat GPU bisa menjadi sedikit berkurang. Berbeda dengan AMD, program ini hanya bisa berjalan di beberapa type GPU saja. Cara untuk settingnya adalah sebagai berikut :
-          Silahkan download dan instal 3D Analyzer
-          Jalankan aplikasi tersebut
-          Pilih program pada tab Select
-          Muncul panel – Silahkan agan pilih kolom bagian kanan dari kotak dialog
-          Silahkan sesuaikan panelnya sesuai keperluan. Sebagai tolak ukur, bisa meilhat grafik VGA nya.
-          Pilih RUN


2. Cara Menambah VRAM Pada Intel HD

Semua sudah tahu bukan! Bahwa intel HD merupakn GPU buatan Intel yang kai pertama dilucurkan dan diperkenalkan pada tahun 2010. Dan sampai sekarang ini masih tetap digunakan dan dikembagkan performanya. Generasi terbaru dari APU ini yaitu Intel Iris.

Memang sih! Kalau kita berbiacara tentang APU milik intel ini, paling tinggi hanya 128 MB. Tentu saja dengan spesifikasi tersebut, kita tidak bisa memainkan game yang berat melebihi kemampuan intel HD tersebut.  Sebenarnya VRAM yang terdapat pada intel HD baru-baru ini bisa mksimal hingga 64 GB. Yang jauh lebih besar daripada Nvidia GTX Titan X Pascal Yaitu sebesar 12 GB. Baiklah, sebelumnya perlu kita ketahui dulu cara kerja dari APU intel HD.

VRAM pada intel HD mengambil dari RAM CPU yang dipergunakan untuk proses . Yang dikenal juga dengan istilah Shared memory. Maka dari itu, besarnya RAM pada processor akan sangat berpengaruh terhadap penapilan grapic intel HD nantinya. 

Berikut akan kita bahas tentang cara menambah VRAM pada intel HD.
1.       Pertama kali kita harus cek spesifikasi manufaktur mainboardnya. Ada type yang menyediakan setting pada bios, ada pula yang tidak. Jika pada bios terdapat pegaturannya, maka bisa kita lakukan setting VRAM nya. Namun jika tidak ada, ya, kita nggak bisa menambahnya.
2.       Dengan cara menambah RAM (Random Access Memory).  Penjelasannya sama seperti pada bagian AMD di atas ya!

Sekian dulu ya sedikit artikel dari saya tentang pengertian dan cara menambah VRAM pada AMD dan Intel HD pada laptop atau komputer. Semoga bermanfaat.
 




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Indra Taufiq, Published at 06.30 and have 2 komentar

2 komentar: