Melayani jasa service laptop dan instal panggilan surabaya. Blog ini juga berisi seputar informasi tentang komputer.

Cara Mengatasi Kerusakan Speaker Pada Laptop

Cara Mengatasi Kerusakan Speaker Pada Laptop

Hai guys!!! Kita semua tahu kan, yang namanya video itu itu bisa dipisahkan dengan audio. Tidak terkecuali pada laptop yang menggunakan keduanya.Namun, apa yang terjadi jika pada laptop kita ada problem dengan suara. Nah.... Pada sesi kali ini, saya ingin sedikit berbagi tentang cara mengatasi kerusakan speaker pada laptop. Apapun merek atau typenya, intinya cara kerjanya sama kok!Maka dari itu, simak sampai akhir postingan ya!

cara-mengatasi-kerusakan-speaker-pada-laptop-gambar21


Seperti sedikit yang sudah saya singgung di atas, pada prinsipnya sistem audio pada laptop itu tidak jauh berbeda dengan power amplifier pada umumnya. Ada input, penguat dan output. Namun, pada laptop dibuat lebih ringkas lagi. Karena sistemnya terintegrasi langsung dalam sebuah mainboard yang bagian inputnya secara umum dikontrol oleh chipset. Namun untuk bagian penguat audionya masih terpisah dalam sebuah ic power audio. Yang selanjutnya outputnya dilanjutkan ke speaker.

Nah.... Sobat!!!! Setelah memahami hal di atas, tentu akan semakin mudah bagi kita untuk menindaklanjuti poin utama sesuai judul postingan kali ini, yakni cara mengatasi kerusakan pada speaker laptop. Tahap-tahapnya adalah sebagai berikut :

1. Untuk memastikan speaker bermasalah atau tidak, Anda membutuhkan speaker mini (jangan terlalu besar ya). Karena power amplifier laptop dayanya kecil. takutnya nggak ngangkat. Lepas atau potong saluran kabel speaker pada laptop (terserah R atau L nya). kemudian pasang speaker yang tadi buat test. lalu uji dengan memutar musik atau video. jika terdengar suara, berarti speaker yang tadi di lepas rusak. Tentunya harus diganti kan! Lakukan hal yang sama pada sisi speaker lainnya.

2. Untuk memastikan problem di bagian IC amplifier atau audio. Memang cukup sulit, namun kali ini kita pakai cara simple saja yang menurut saya cukup ampuh. Anda hanya memerlukan deadset. Dengan cara mencolokkan ke socket yang berlambang headset. Jika terdengar suara pada bagian headset, kemungkinan besar IC Audio tidak ada masalah, alias masih oke.

3. Jika pada poin ke 1 dan 2 masih belum membuahkan hasil, maka kesimpulan kerusakan terdapat pada bagian input nya. Ini lumayan sulit. Karena memerlukan teknik dan skill khusus untuk perbaikannya. Sebaiknya dibawa ke teknisi saja. Namun.... Saya mau kasih opsi lain sebagai alternatif, jika anda tidak mau membawa ke tukang servicelaptop. Yaitu anda silahkan beli modul soundcard yang banyak sekali dijual di pasaran. Harganya murah kok! Paling sekitar 50 rb an. Nanti   modul audio tersebut dicolokkan via USB. Lalu bagian outpunya berupa headset yang bisa dihubungkan ke headpone atau ke speaker aktif. Menurut saya opsi ini jauh lebih murah, jika dibandingkan dengan biaya perbaikan ke tukang service.

cara-mengatasi-kerusakan-speaker-pada-laptop-picture57


Itulah sedikit info yang bisa saya bagikan seputar cara mengatasi kerusakan pada speaker laptop. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mampir dan baca di blog ane ini. Silahkan comment jika anda rasa artikel ini bermanfaat, atau mau memberi masukan.




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Indra Taufiq, Published at 05.37 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar