Melayani jasa service laptop dan instal panggilan surabaya. Blog ini juga berisi seputar informasi tentang komputer.

Cara Memperbaiki Laptop Asus Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala.

Cara Memperbaiki Laptop Asus Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala.

cara-memperbaiki-laptop-asus-mati-total-lampu-indikator-tidak-menyala-gambar001
Kenapa pada bahasan kali ini saya beri judul cara memperbaiki laptop asus mati total dengan lampu indikator tidak menyala? Sebenarnya jawabannya sangat sederhana sih! Karena sekarang ini, bisa dibilang asus adalah salah satu merk yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh masyarakat indonesia. tentu saja, semakin banyak pula kemungkinan terjadi kerusakan toh!
 
Sebenarnya secara teknis, cara untuk memperbaiki laptop mati total ini tidak hanya bisa dilakukan untuk merek asus saja, tapi untuk lainnya juga bisa. Maka dari itu, simak simak sampai akhir artikel ini ya!

Pada prinsipnya, laptop bisa menyala dengan 2 sumber, yaitu melalui charger adaptor dan melalui battery. Maka, pada kerusakan mati total, yang pertama kali perlu untuk kita cek yaitu :

1. Pastikan Kondisi charger masih bagus.
    Caranya anda bisa lihat lampu indikator pada bagian charger akan menyala (pada umumnya ada led hijau) pada saat dicolokkan ke listrik. namun, untuk beberapa type adaptor, ada yang tidak dilengkapi dengan lampu. Untuk memastikan sehat atau tidaknya, kita memerlukan sebuah AVO meter. Unkur pada posisi DC volt di ujung colokan output. Pada umumnya memiliki tegangan antara 19 - 20v. Tergantung label yang tertulis di body adaptor tersebut.

2. Pastikan tidak ada kotoran yang menyumbat di ujung colokan.
    Pengecekan ini berlaku pada ujung DC output charger dan DC jack yang menempel pada bagian laptop. Bagian paling pinggir adalah ground, sedangkan sisi tengan adalah +. Karena terkandang laptop tidak bisa menyala disebabkan oleh kotornya ujung terminal tersebut. Bisa karena korosi atau bisa juga karena longgar atau oblak karena terlalu sering lepas-pasang secara paksa.

3. Pastikan battery bagus.
    Untuk step ini, coba lepas dulu battery batterynya. Artinya kita coba nyalakan laptop hanya menggunakan adaptor saja. Karena sering juga kerusakan pada bagian battery bisa mengakibatkan short pada seluruh sistem. namun sekarang ini, sudah banyak model laptop yang baterainya tidak bisa di lepas dari luar. Namun, untuk melepasnya kita perlu bongkar cover lalu lepas socketnya.

4. Hardware problem
    Pada bagian ini, kita akan bahas lebih dalam mengenai hardware. Untuk melakukannya, diperlukan keberanian dan kehati-hatian. Bongkar laptop dengan melepas semua baut di bawah. Lakukan dengan perlahan, lepas dan pisahkan device-devicenya dari mainboard seperti : hardisk, keyboard, dvd, mouse pad, speaker, wifi, webcam, kabel lcd, dll.

    Setelah semua perangkat tersebut terpisah, sekarang kita coba nyalakan mainboard dengan mencolokkan charger ke DC jack motherboard. Setelah itu, coba on kan tombol power. Oiya, untuk tombol power, ada model yang langsung bersatu dengan mainboard, ada juga yang terpisah dan dihubungkan dengan kabel. Lepas dulu tombol power dari covernya ya! Pasti akan ada baut di dalamnya.

Jika, Mainboard bisa nyala dengan langkah di atas, berarti lanjut dengan pasang kabel lcd nya. Nyalakan laptop dan perhatikan, apakah ada tampilan di layar. RAM nya dipasang ya! Jika muncul tampilan di layar, maka silahkan pasang secara bertahap perangkat-perangkat yang telah kita lepas di atas.

Namun, jika Tidak muncul tampilan, berarti kita bisa pastikan problem ada di mainboard. Sebaiknya untuk penanganannya anda serahkan pada ahlinya, yaitu jasa service laptop yang lebih profesional. Karena diperlukan penanganan khusus.

Sekian dulu ya temen-temen sedikit share dari saya tentang cara memperbaiki laptop asus mati total, dengan lampu indikator tidak menyala. Semoga bisa bermanfaat untuk yang membacanya. Thanks buat kunjungannya ya!


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Indra Taufiq, Published at 07.23 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar