Melayani jasa service laptop dan instal panggilan surabaya. Blog ini juga berisi seputar informasi tentang komputer.

Perbedaan RAM DDR3 Dan DDR3L Pada Laptop

Perbedaan RAM DDR3 Dan DDR3L Pada Laptop

perbedaan-ram-ddr3-dan-ddr3L-pada-laptop-gambar391
Artikel dengan judul perbedaan antara ram ddr3 dan ddr3L ini saya tulis karena ada beberapa pelanggan saya yang service laptop dan memberi info. Mereka ingin upgrade ram agar speed laptopnya lebih kenceng. Namun, setelah beli dan dipasang, malah menjadikan laptop bekerja dengan lebih lambat. Padahal di bios, terdeteksi kapasitas ramnya sesuai dengan total yang terpasang. Ada apa gerangan!!!

Setelah dibongkar, ternya spesifikasi ram yang terpasang antara yang bawaan dengan yang baru diberi itu beda. Yang lama itu DDR3 sedangakan yang baru DDR3L. Memang sih! Di pasaran sekarang, yang banyak dijual adalah DDR3L.

Lantas apa sih sebenarnya perbedaan antara yang ada "L" nya dengan tidak? Secara sistem kerja, memang beda mas bro. Untuk DDR3 tegangan kerjanya adalah 1.5v. Sedangakan DDR3L mempunyai tegangan kerja 1.35v. Sehingga dengan tegangan yang lebih minim, maka akan lebih menghemat konsumsi daya.

Untuk itu, bagi temen-temen semua yang ingin melakukan upgrade ram pada laptopnya, sebaiknya teliti dulu jenis ram yang sesuai untuk lepi agan. Setelah itu baru beli. Jangan kebalik ya!!! Agar tidak menyesal.

Oke bro!!! Udah dulu ya, semoga sedikit share tentang perbedaan ram ddr3 dan ddr3L pada laptop ini bisa bermanfaat untuk kita semua.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Indra Taufiq, Published at 21.04 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar